Dosen dan Guru Pamong UIM Siap Laksanakan Pembelajaran Siklus 2 PPG

UIM NEWS – Pengelola Pendidikan Profesi Guru (PPG) Universitas Islam Makassar (UIM) Al-Gazali terus meningkatkan mutu pembelajaran pada pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru Kategori 1 Angkatan 3 dengan cara melaksanakan penyamaan persespsi terhadap muatan materi yang akan dilaksanakan oleh dosen dan guru pamong yang akan bertugas pada siklus dua, secara daring di zoom, Senin (01/01/2024).

Kegiatan penyamaan persepsi untuk kegiatan sikulus dua PPG Daljab Kategori 1 dan Angakatan 3 disampaikan oleh Dr. Muhammad Faisal, S.Pd., M.Pd. Dosen Universitas Negeri Makassar Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, yang selama ini berkecimpung dalam pelaksanaan PPG baik dalam jabatan maupun prajabatan.

“Penyamaan persepsi dosen dan guru pamong sangat diperlukan dalam pelaksanaan pembelajaran pada materi Pendidikan Profesi Guru. Hal ini penting dilakukan agar ada persepsi yang sama antara dosen dan guru pamong untuk mencapai CPL yang diharapkan pada kurikulum PPG dalam jabatan,” jelasnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Keguruan, Ilmu Pendidikan dan Sastra (FKIPS), Dr. Mulyadi. M.Pd. yang juga mengikuti kegiatan tersebut menyampaikan terima kasih kepada dosen dan guru pamong yang telah meluangkan waktu dan kesempatan untuk meluangkan waktu untuk belajar dan meningkatkan kompentensi dalam melaksanakan pembelajaran di pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru UIM -Al-Gazali.

“Terima Kasih kepada semua dosen dan guru pamong, atas kerjasamanya yang sudah meluangkan waktu untuk belajar dan menyamakan persepsi dalam kegiatan penyamaan perspsi pada malam ini,” ucapannya.

Wakil Rektor II UIM Al-Gazali, Badruddin Kaddas, M.Ag., Ph.D, yang juga sebagai pengarah kegiatan, ia berharap agar pengelola PPG UIM Al-Gazali terus melakukan inovasi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilaksanakan.

“Inovasi-inovasi dalam kegiatan pembelajaran diharapakan terus ditingkatkan oleh ketua prodi, itu penting agar pengelolaan PPG di UIM Al6 mencapai tujuan yang diharapkan, dalam hal ini pencapaian kualitas pendidikan dan mutu lulusan dapat lebih meningkat,” ujarnya.

Ketua Prodi PPG yang juga sebagai koordinator PPG Daljab 1 Kategori 3, Dr. Supriadi, S.Pd., M. Pd. mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung pelaksanaan kegiatan penyamaan persepsi dosen dan guru pamong dalam persiapan pelaksanaan pembelajaran siklus ke dua program PPG Daljab Kategori 1 Gelombang 3.

“Terima kasih kepada pimpinan UIM, Rektor, para wakil rektor, Dekan FKIPS, kepada dosen, guru pamong, admin kelas, dan pengelola ppg, yang telah memberikan motivasi dan dorongan kepada pengelola PPG untuk terus meningkatkan dan memaksimalkan proses pembelajaran, Insya Allah inovasi dan pengembangan terus dilakukan untuk memaksimalkan pelaksanaan PPG di LPTK UIM Al-Gazali,” ujarnya.

Pada kesempatan penyamaan persepsi salah seorang guru pamong memberikan pertanyaan kepada pamateri apa perbadan antara siklus satu dan siklus kedua.

Pada kesempatan itu dijelaskan bahwa penekanan dari sikulus ke dua adalah lebih mengarah kepada pengembangan materi dari siklus satu, karena kalau bukan pengembangan materi dari siklus satu maka akan dipastikan bahwa kegiatan atau aktivitas yang dilakukan mahasiswa pada siklus dua akan berulang.

Oleh karena menurut pemateri disinilah pentingnya penyamaan persepsi terhadap guru pamong dan dosen dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran pada setiap siklus yang akan dilaksanakan pada pelakasanaan PPG.

Salah seorang peserta dari unsur dosen, Prof Anzar Abdullah, menambahkan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran PPG Daljab pesertanya adalah guru-guru dan sudah senior, sehingga teman-teman pengajar dan guru pamong, perlu memahamu karakteristik mahasiswa dalam Jabatan.