UIM Al-Gazali Lepas Mahasiswa Peserta MBKM

UIM NEWS – Universitas Islam Makassar (UIM) Al-Gazali melaksanakan pembekalan dan pelepasan mahasiswa Peserta Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Kegiatan ini terdiri dari program Kampus Mengajar (KM), Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB), dan Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM).

Pelepasan mahasiswa peserta MBKM tersebut berlangsung di Auditorium KH. Muhyiddin Zain-UIM, Selasa (06/02/2024).

Kegiatan pelapasan mahasiswa peserta MBKM langsung oleh Rektor UIM Al-Gazali Prof. Dr. H. Muammar Bakry, Lc., M.Ag yang ditandai dengan penyerahan bendera secara simbolis oleh Rektor kepada para peserta MBKM.

Prof. Muammra didampingi oleh, Wakil Rektor I, Dr. Ir. Ahmad Hanafie, ST., MT., IPM. Wakil Rektor II, Badruddin Kaddas, M.Ag., Ph.D, Kapala Biro, Ahmad Najib, S.Ag., M.Ag, Kapala Bagian Kemahasiswaan, Fathuddin, S.Sos, dan para pimpinan fakultas.

Pada kesempatan tersebut, Rektor UIM Al-Gazali, Prof. Muammar mengakatakan bahwa Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan trobosan baru dalam pendidikan saat ini.

“Kita di Indonesia dalam masa kepemimpinan periode yang kedua bapak Presiden Jokowi, dibawah kementrian mas mentri, sudah mencanangkan MBKM. Bukan Berarti bahwa kita merdeka, bebas melakukan apa saja, tapi merdeka disitu bermakna fleksibel dan lebih mengarah kapada vokasi dan inovatif,” ujarnya.

Ia juga menambahkan dengan adanya program MBKM memberikan ruang kepada mahasiswa untuk terus meningkatkan kreatifitas dan keahlian dibidang lain.

“Jadi kondisi vitas, serta peluang-peluang dalam hidup ini, kita boleh kita bisa raih dengan multitelenta, multidisiplin, dengan berbagai fesen dan peluang-peluang itu memungkinkan untuk kita raih,” ucapnya.

“Inilah nafasnya, inilah semangat dari kampus merdeka, boleh jadi ada mahasiswa alumni Teknik misalnya, tapi dia bisa menjadi pagawai bank, atau ada alumni fakultas Agama tapi teryata bisa merakit komputer, bisa membuat desain grafis, yang seharusnya skilnya dimiliki oleh alumni Teknik Informatika,” tambahnya.

Kepala Bagian Kemahasiswaan, Fathuddin, S.Sos menyampaikan pemerintah telah menyiampkan berbagai fasilitas untuk dimanfaatkan dalam menunjang pendidikan sebagai seorang mahsiswa.

“Pemerinta memberikan fasilitas silahkan di manfaatkan dengan sebaik-baiknya,” ujarnya

Tercatat sebanyak 73 mahasiswa Universitas Islam Makassar (UIM) Al- Gazali lolos mengikuti MBKM, diantaranya, Kampus Mengajar (KM) 24 orang, Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) 12 orang dan Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) sebanyak 4 orang.

Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan program telah diluncurkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kemendikbudristek.