Kolaborasi Kajian Hadis dan Ilmu Islam UIM

UIM NEWS – Kunjungan kedua kampus di Uzbekistan yang dilakukan oleh Rektor Universitas Islam Makassar, (UIM) Al-Gazali, Prof. Dr. H Muammar Bakry, Lc. MA adalah di Samarqand Higher School For Hadith Sciences. Jumat (08/12/2023).

Kampus ini terletak di Kota Samarqand tempat Imam al-Bukhari dimakamkan. Satu kompleks dengan Makam Imam Bukhari, Kampus yang megah dengan fasilitas olahraga yang memadai di dalam kampus.

Kunjungan Rektor UIM Al-Gazali, Prof. Muammar Bakry, disambut hangat oleh Direktur Sekolah Tinggi Ilmu Hadis, Olimxon Isoxon Ogli Yusupov.

Di sela kunjungan tersebut, Direktur Sekolah Tinggi Ilmu Hadis, Olimxon Isoxon Ogli Yusupov mengajak Rektor UIM Al-Gazali berkelililing kampus di cuaca dingin yang mencapai 2 derajat celcius. Namun dengan suasana keakraban ruang demi ruang dikunjungi setelah berziarah ke makam Imam Al-Bukhari dan meseum yang sangat megah.

Sekitar sejam sebelum Sholat Jumat dilakukan kesepakatan yang dituangkan dalam MoU anatar UIM Al-gazali dengan Sekolah Tinggi Ilmu Hadis Samarqand yang disaksikan oleh delegasi MUI yang dipimpin oleh Prof. Najmuddin yang juga sebagai Ketua Dewan Guru Besar UIM Al-gazali dan juga beberapa pimpinan Sekolah Tinggi Ilmu Hadis Samarqand.

Direktur Sekolah Tinggi Hadis Samarqand, Olimxon mengatakan jumlah mahasiswa yang diasramakan akan fokus pada penelitian kaislaman.

“Jumlah mahasiswa yang diasramakan secara terbatas, dan lebih fokus kepada penelitian keislaman terutama Hadis dan Ilmu Hadis dari berbagai negara,” Ujarnya.

Indonesia sendiri, lanjut Olimxon, belum mengutus warganya menjadi bagian dari mahasiswa peneliti yang ada di kampus ini.

“Semoga dengan Kerjasama yang dilakukan, Indonesia dapat mengutus penelitinya melalui UIM Algazali,” harapnya.

MoU yang ditandatangani meliputi poin Kerjasama di bidang akademik seperti pengiriman mahasiswa, penelitian kolaborasi dan seminar seminar Internasional.

Sementaran itu Rektor UIM Al-Gazali, Prof, Mummar Bakry, menyampaikan kekagumannya terhadap Uzbekistan, memiliki mayarakat yang peduli dengan khazanah Islam yang luar bias.

“Area yang didalamnya ada sekolah tinggi hadis, masjid besar yang dapat menampung 20.000 orang serta makam Imam Bukhari yang terawat, betapa menunjukkan negara dan masyarakat Uzbekistan peduli dengan khazanah Islam yang luar biasa sebagai legacy yang mahal nilainya,” ungkap Rektor UIM Al-gazali.