Begini Konsep dan Startegi Ketua Koperasi Konsumen Sahabat UIM

UIM NEWS – Usai terpilih menjadi Ketua Badan Pengurus Koperasi Konsumen Sahabat Universitas Islam Makassar UIM Al-Gazali masa khidmat 2024-2028, Ns. Jukarnain, S.Kep., M.Kes, kini tengah mempersiapkan konsep dan strategi kedepan.

Jukarnain, diangkat menjadi Ketua Badan Pengurus Koperasi Konsumen Sahabat UIM Al-Gazali lanngsung oleh Rektor Universitas Islam Makassar (UIM) Al-Gazali melalu surat keputusan Rektor UIM Nomor: 56 /UIM/Skep/A.00/III/2024.

“Pada masa khidmat 2024-2028, Lembaga Koprasi Konsumen Sahabat UIM Al- Gazali memainkan peran integral dalam mengembangkan potensi ekonomi dan teknologi di lingkungan Universitas Islam Makassar (UIM),” ujarnya.

Dengan tema program pengembangan TECHNOPRENEUR UIM, lembaga ini menjadi garda terdepan dalam mewujudkan visi keunggulan teknologi dan kewirausahaan di kampus.

Selain program simpan pinjam bagi anggota koprasi, pengembangan usaha melalui skema TECHNOPRENEUR UIM Pengurus koprasi membangun skema klaster usaha menjadi 4 klaster, diantaranya:

Klaster 1, Pusat Ekonomi Halal
Menjadi fondasi utama bagi keberlangsungan koperasi. Melalui kemitraan dengan industri lokal dan UMKM binaan UIM, produk-produk berkualitas tinggi diproduksi dan didistribusikan secara efisien. Pendapatan dari klaster ini tidak hanya memberikan manfaat kepada anggota koperasi tetapi juga berkontribusi pada peningkatan ekonomi lokal.

Klaster 2, Wisata Pendidikan Halal
Menjadikan UIM sebagai tujuan wisata edukatif. Dengan memanfaatkan potensi sarana/prasarana, potensi SDM, kekayaan budaya dan alam di sekitarnya, program ini menghadirkan pengalaman belajar yang unik bagi para wisatawan, sementara juga memberikan peluang bagi mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan dan pengalaman praktis dalam industri pariwisata.

Klaster 3, Pendidikan & Pelatihan
Fokus pada peningkatan kompetensi dan keterampilan. Melalui berbagai kursus dan pelatihan yang harapanya akan membangun Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP), baik untuk Dosen, mahasiswa maupun masyarakat umum, koperasi membantu menghasilkan individu yang siap bersaing dalam dunia kerja yang semakin kompleks. Program ini juga menjadi wadah bagi dosen untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman mereka.

Klaster 4, Layanan Jasa Halal
Memberikan layanan yang beragam kepada komunitas kampus dan sekitarnya. Mulai dari layanan konsultasi bisnis hingga jasa teknologi informasi, pemanfaatan saranadan prasarana kampus, klaster ini menawarkan solusi-solusi inovatif yang memenuhi kebutuhan pasar modern. Pendapatan dari layanan ini pada penyediaan jasa layanan sewa menyewa barang/jasa hal ini tidak hanya mendukung operasional koperasi tetapi juga memberikan peluang bagi mahasiswa untuk magang dan mendapatkan pengalaman praktis.

Tujuan utama dari semua klaster ini adalah menciptakan sumber pendapatan yang berkelanjutan bagi lembaga, dengan demikian mendukung kesejahteraan anggota koprasi. Dengan terus mendorong inovasi dan kolaborasi, Lembaga Koprasi Konsumen Sahabat UIM Al Gazali menjadi motor penggerak bagi transformasi ekonomi dan teknologi di Universitas Islam Makassar.