UIM NEWS, Program Studi Farmasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas IsIam Makassar (FMIPA UIM) Al-Gazali, melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada masyarakat di Desa Kanrung, Kecamatan Sinjai Tengah, Kabupaten Sinjai Sulawesi selatan.

Kegiatan pengabdian Prodi Farmasi ini dirangkaikan dengan penyuluhan terkait dengan membangun kesadaran masyarakat dalam menggunakan Antibiotik.

Pengabdian kepada masyarakat ini bertemakan “Membangun Desa Sadar Antibiotik” yang dihadiri oleh Kaprodi Farmasi UIM, Dosen Farmasi UIM, Kepala Desa Kanrung, Kepala Dusun Hampange, Mahasiswa Farmasi UIM, dan Masyarakat Dusun Hampange.

Kegiatan ini memberikan edukasi pentingnya meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat terkait penggunaan dan bahaya penggunaan antibiotik yang tidak tepat.

Kepala Program Studi Farmasi, apt. Agus Sangka Pratama, S.Si., M.Si menyampaikan kegiatan ini memberikan edukasi kepada masyarakat terkait antibiotika, baik cara penggunaan, kapan digunakan, ketepatan penggunaan.

Ia juga menambahkan dalam meningkatkan pemahaman masyarakat terkait bahaya resistensi antibiotik terhadap bakteri penyebab penyakit.

“Kegiatan ini sangat banyak mengedukasi kalangan ibu-ibu rumah tangga di lingkungan dusun hampange terkait penggunaan antibiotik karena selama ini penggunaan antibiotik digunakan untuk penyakit yang tidak tepat dan kebiasaan masyarakat menggunakan obat antibiotik yang kurang tepat,” ujarnya.