Rahma Ashari Kembali Jadi Narasumber Bimtek P5 di Malino

UIM NEWS Dosen Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan dan Sastra (FKIPS) Universitas Islam Makassar (UIM) Al-Gazali, Rahma Ashari Hamzah kembali dipercaya sebagai narasumber dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tahun 2024.

Kegiatan ini digelar oleh Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kecamatan Tinggimoncong di Gedung PKG Malino, Rabu-Kamis (18-19/12/2024).

Kegiatan ini bertujuan meningkatkan mutu pendidikan, khususnya implementasi kokurikuler P5 di tingkat Sekolah Dasar (SD).

Sebanyak 90 peserta, terdiri dari kepala sekolah dan guru SD di Kecamatan Tinggimoncong, hadir untuk memperkuat pemahaman mereka tentang penerapan P5 sesuai Kurikulum Merdeka.

Fokus Materi Pelatihan Peserta dibekali materi tentang ekosistem sekolah yang mendukung P5, desain proyek, dokumentasi, pelaporan, serta evaluasi dan tindak lanjut program.

Pelatihan ini diharapkan mampu memberikan panduan praktis bagi satuan pendidikan dalam mendukung pengembangan profil pelajar Pancasila.

Dekan FKIPS UIM, Dr. Mulyadi, M.Pd., menyampaikan apresiasi terhadap peran aktif para dosen, termasuk Rahma Ashari, dalam memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat.

“Kami selalu mendorong para dosen untuk terus mengembangkan diri dan memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya dalam dunia pendidikan,” ujarnya.

Korelasi dengan Program Nasional Kegiatan ini sejalan dengan program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang mengintegrasikan P5 dalam struktur Kurikulum Merdeka.

Bimtek semacam ini menjadi upaya strategis untuk memastikan setiap sekolah memahami dan mampu mengimplementasikan P5 secara optimal.

Penghargaan dan Prestasi Tambahan Rahma Ashari Rahma Ashari juga menjadi salah satu dari 300 peserta terpilih dalam pelatihan tingkat nasional “Lokakarya Tindak Lanjut Hasil AKMI Tingkat Provinsi Instruktur Daring Literasi Membaca,” yang digelar Kementerian Agama RI. Pelatihan ini juga berlangsung di Hotel Menara Peninsula, Jakarta, pada 5-7 September 2024.

Peserta pelatihan ini berasal dari berbagai latar belakang, termasuk pengawas madrasah, kepala madrasah, guru, widyaiswara, dan dosen dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Lokakarya ini bertujuan membekali instruktur dengan strategi pembelajaran berbasis hasil Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) untuk meningkatkan mutu pendidikan di madrasah.

Pentingnya Kontribusi Akademisi Dekan FKIPS UIM menegaskan pentingnya dosen untuk terus berkontribusi pada masyarakat.

“Melalui kegiatan seperti ini, dosen dapat menjadi motor penggerak dalam menciptakan perubahan positif di dunia pendidikan,” tambahnya.

Dengan berbagai kiprah dan prestasinya, Rahma Ashari membuktikan komitmennya dalam mendukung kemajuan pendidikan nasional melalui penerapan program-program unggulan seperti P5 dan AKMI.