Dosen FKIPS UIM Rahma Ashari Jadi Narasumber Pelatihan Sekolah Penggerak

UIM NESW – Dosen Fakultas Keguruan, Ilmu Pendidikan dan Sastra (FKIPS) Universitas Islam Makassar (UIM) Al-Gazali, Rahma Ashari, tampil sebagai narasumber dalam Pelatihan Pengimbasan Program Sekolah Penggerak Angkatan 1 yang diselenggarakan di Hotel Aryaduta Makassar, Selasa (11/04/2024).

Kegiatan Pelatihan Pengimbasan Program Sekolah Penggerak Angkatan 1 ini dilaksanakan mulai hari Kamis tanggal 6 Juni 2024 sampai hari Minggu tanggal 9 Juni 2024 yang bertempat di Hotel Aryaduta, Jl Jl. Somba Opu No. 297, Losari, Kota Makassar.

Acara yang berlangsung selama empat hari dimulai dari tanggal 6 Juni 2024 sampai dengan 9 Juni 2024 yang dihadiri oleh para pendidik dan penggerak sekolah dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan.

Tujuannya adalah untuk memperkuat kapasitas dan kompetensi tenaga pendidik dalam menjalankan Program Sekolah Penggerak, sebuah inisiatif dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Dalam pelatihan tersebut, Rahma Ashari menyampaikan materi mengenai strategi pembelajaran inovatif dan teknik pengajaran yang efektif untuk meningkatkan keterlibatan siswa di kelas.

Ia juga menekankan pentingnya kolaborasi antar pendidik serta penggunaan teknologi dalam proses belajar mengajar untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang dinamis dan responsif terhadap perkembangan zaman.

“Program Sekolah Penggerak ini merupakan langkah besar untuk memajukan pendidikan di Indonesia. Diharapkan melalui pelatihan ini, para pendidik dapat mengimplementasikan ilmu dan strategi yang diperoleh guna menciptakan ekosistem pembelajaran yang lebih baik dan berkelanjutan,” ujar Rahma Ashari dalam sesi diskusi.

Selain Rahma Ashari, pelatihan ini juga menghadirkan berbagai narasumber lainnya yang memberikan wawasan dan pengalaman mereka dalam mendukung program tersebut.

Peserta pelatihan mendapatkan kesempatan untuk berdiskusi langsung dan mengembangkan rencana aksi yang dapat diterapkan di sekolah masing-masing.

Keikutsertaan Rahma Ashari sebagai narasumber dalam acara penting ini tidak hanya memperkuat peran UIM Al-Gazali dalam dunia pendidikan, tetapi juga menunjukkan komitmen institusi tersebut dalam mendukung program-program nasional yang bertujuan meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.