Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pangkep mengarahkan guru dan tendik yang ada di Kabupaten Pangkep yang ingin melanjutkan perkuliahan agar melanjutkan perkuliahan di Universitas Islam Makassar (UIM) Al-Gazali melalui jalur Masuk Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL), Selasa (12/09/2023).

UIM NEWS – Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pangkep mengarahkan guru dan tendik yang ada di Kabupaten Pangkep yang ingin melanjutkan perkuliahan agar melanjutkan perkuliahan di Universitas Islam Makassar (UIM) Al-Gazali melalui jalur Masuk Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL), Selasa (12/09/2023).

Hal itu disampaikan pada saat menerima rombongan Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UIM Al-Gazali di kantor dinas Kabupaten Pangkep.

“Program ini cocok dengan guru dan tendik yang sudah bekerja, sehingga mereka bisa melanjutkan pendidikan dengan jalur masuk RPL, hal ini penting untuk meningkatkan kompetensi guru, dan mengakomodir kebutuhan guru dan tendik dengan lineritas pendidikan di Pangkep,” ungkap Dr. Sabrun Jamil, S.Pi. M.P.

Kadis menambahkan, jalur penerimaan masuk di UIM Al-Gazali sangat bagus dan bisa mengakomodir masyarakat yang bisa melanjutkan perkuliahan, selain itu Kadis mengucapkan apresiasi kepada FKIP UIM Al-Gazali yang telah meluangkan waktu datang di kantor Dinas Pendidikan membawa kabar gembira ini untuk mengatasi problem di Pangkep untuk melanjutkan Pendidikan di UIM Al-Gazali.

Pada kesempatan yang sama, dekan FKIP UIM Al-Gazali menegaskan bahwa RPL adalah Program bagi calon mahasiswa yang ingin masuk di UIM Al-Gazali dengan melakukan rekognisi pengalaman mengajar dengan CPL mata kuliah, sehingga beban SKS dan waktu tempuh akademik dalam perkuliahan bisa lebih singkat.

“Kalau misalnya pengalaman mengajar minimal dua tahun mengajar di SD sementara dia mau mengambil jurusan PGSD bisa saja waktu tempuh kuliahnya sampai satu tahun setengah, dengan mekanisme perkuliahan yang lebih fleksibel,” jelas Mulayadi.

Dekan FKIP UIM Al-Gazali dan Dinas Pendidikan, melakukan penandatangan kerjasama. Sebelum penandatanganan ia menyampaikan bahwa sebelumnya FKIP UIM Al-Gazali telah banyak mengambil bagian dalam pengembangan mutu dan kualitas pendidikan di Pangkep seperti pada tahun 2019 FKIP UIM Al-Gazali mengfasilitasi guru Pangkep mengikuti penguatan calon kepala sekolah, mulai tahun 2020 sampai sekarang dosen FKIP UIM Al-Gazali mendampingi program sekolah penggerak di Pangkep, dosen FKIP UIM Al-Gazali mengvisitasi akreditasi satuan pendidikan di Pangkep dan berbagai program lainnya.

“Kedepan kita akan perkuat kolaborasi untuk melakukan langkah-langkah konkrit dalam menindak lanjuti perjanjian kersama dalam rangka mendorong guru dan tendik untuk melanjutkan pendidikan dan peningkatan kompotensi Guru dan Tenaga Kependidikan,” tegas Dekan FKIP UIM Al-Gazali.

Dalam kegiatan ini turut hadir Wakil Dekan 1 FKIP UIM Al-Gazali, Supriadi, S.Pd., M.Pd., Ketua Gugus Jaminan Mutu, Sadaruddin, S.Pd., M.Pd., dan Ketua Prodi PGSD, Erwin Nurdiansyah, S.Pd., M.Pd.

Leave a Comment