Dekan Fakultas Keguruan, Ilmu Pendidikan, dan Sastra (FKIPS) Universitas Islam Makassar (UIM) Al-Gazali melakukan sosialisasi penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) dalam acara Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka dihadapan kepala madrasah dan guru madrasah Se kecamatan Pitumpanua dan Kera Kabupaten Wajo yang digelar di Aula Madrasah Pitumpanua, Sabtu (09/09/2023).

UIM NEWS – Dekan Fakultas Keguruan, Ilmu Pendidikan, dan Sastra (FKIPS) Universitas Islam Makassar (UIM) Al-Gazali melakukan sosialisasi penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) dalam acara Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka dihadapan kepala madrasah dan guru madrasah Se kecamatan Pitumpanua dan Kera Kabupaten Wajo yang digelar di Aula Madrasah Pitumpanua, Sabtu (09/09/2023).

Dr. Mulyadi. M.Pd selaku Dekan FKIPS saat sosialisasi menyampaikan bahwa sekarang di UIM Al Gazali membuka pendaftaran jalur RPL (Rekognisi Pembelajaran Lampau) atau lebih kerennya di sebut jalur akselerasi yang dapat memeroleh ijazah bergelar Sarjana Pendidikan hanya 1,5 tahun atau bahkan bisa sampai 1 tahun saja. RPL adalah sebuah jalur yang memungkinkan calon mahasiswa untuk mengajukan permohonan pengakuan atas pengetahuan dan keterampilan yang telah mereka peroleh baik dari pendidikan formal maupun di luar pendidikan formal.

“Jika Anda telah belajar secara mandiri, mengikuti pelatihan kerja, atau memiliki pengalaman praktis yang relevan dengan program studi yang diminati, RPL adalah jalan pintas untuk meraih gelar sarjana sesuai Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 41 Tahun 2021 tentang Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) sebagai wujud komitmen pemerintah untuk mendukung pembelajaran sepanjang hayat,” Ucapnya.

FKIPS membina 7 prodi, dan 5 diantaranya telah memiliki sertifikat layak menyelenggarakan RPL yakni Prodi; PGSD, PG PAUD, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, dan Sastra Inggris. Setelah selesai S.1 dapat langsung melanjutkan studi Profesi Pendidikan Guru (PPG) karena sekarang FKIPS UIM Al-Gazali juga memiliki prodi PPG yang sementara dalam proses melaksanakan PPG Dalam Jabatan dengan peserta 90 orang, Tambahnya.

Abd Aziz, S.Pd.I., MA. Kepala Seksi Kementrian Agama Kab. Wajo sebelum membuka secara resmi acara tersebut menyambut baik penerimaan mahasiswa jalur RPL tersebut dan mengarahkan para guru di Kabupaten Wajo khususnya Kecamatan Pitumpanua dan Kera segera mendaftarkan dirinya.

“Ini adalah kabar gembira bagi guru madrasah yang belum memiliki ijazasah sesuai tempat tugasnya seperti guru MIN yang bukan dari sarjana PGSD untuk segera mendaftarkan dirinya di FKIPS Al-Gazali,” Puangkasnya.

Leave a Comment