Menteri Pendidikan Nasional periode 2009-2014 Prof Dr Ir KH Mohammad Nuh DEA meninjau progres pembangunan kampus baru Universitas Islam Makassar (UIM).

“Alhamdulillah perkembangan UIM sangat membanggakan, antara kualitas prasarana dan kualitas akademik berbanding lurus,” jelas mantan dan rektor Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya itu saat meninjau gedung rektorat baru UIM, Senin (16/11/2020).


Menteri Komunikasi dan Informatika (2007–2009) itu dalam peninjauannya didampingi Sub Branch Manager Mega Syariah Makassar Rafiqa Ridjal SE MM, diterima langsung oleh Rektor UIM Prof Dr Ir Hj A Majdah M Zain MSi bersama jajaran wakil rektor, pejabat struktural UIM dan Team Leader Manajemen Konstruksi UIM Drs H Mustamin Anshar MSi AK CA BKP.

Kualitas prasarana yang dimaksud Muh Nuh yakni pembangunan dan pengembangan fasilitas kampus. Mulai dari pembangunan hingga fasilitas IT.

“Demikian pula pada kualitas akademik, Rektor UIM terus mendorong peningkatan akreditasi semua prodinya. Saya dengar sudah hampir semua terakreditasi B,” tutur Komisaris Utama Bank Mega Syariah ini

Di sela peninjauan pembangunan kampus UIM ikon baru Makassar, Muh Nuh mengaku bangga. “Dengan perubahan-perubahan ini UIM tidak semata menjadi kebanggaan Sulsel, tapi juga kebanggaan nasional,” ucapnya.

Majdah menjelaskan kunjungan Prof Nuh menjadi motivasi pihaknya untuk penyelesaian sisa kurang lebih 3 persen pembangunan agar bisa ditempati paling lambat Januari 2021.

“Prof Nuh sejak masih menjabat sebagai menteri sangat mensuport pengembangan UIM. Sama seperti harapannya agar keberadaan gedung baru kampus UIM mampu menstimulus kualitas akademik, penelitian dan pengabdian masyarakat UIM,” tuturnya.

Pekan lalu, Wakil Presiden Indonesia (2014–2019 dan 2004–2009) juga menyempatkan meninjau yang kedua kalinya pembangunan kampus UIM.

JK singgah sekitar 30 menit berbincang santai di pelataran Auditorium UIM KH Muhyiddin Zain melihat perkembangan pembangunan. Sudah tidak ada aktivitas pembangunan di bagian luar, saat ini fokus pengerjaan finishing di bagian dalam.

Tampak hadir mendampingi JK dalam peninjauan itu Ketua Yayasan Al Gazali UIM Hj Fatimah Kalla, sejumlah kolega diantaranya Aksa Mahmud, Hamid Awaluddin, Idrus Paturusi maupun Prof Hamdan Juhanis.

Pihak Manajemen Konstruksi menjelaskan pekerjaan konstruksi sudah selesai tinggal pekerjaan kecil. Progres sudah 98 persen dan diperkirakan selesai sepenuhnya pada akhir Desember 2020 mendatang.■ fir