Rapat Pemantapan, LPMI UIM Siap Laksanakan Audit Mutu Internal

UIM NEWS – Lembaga Penjaminan Mutu Internal (LPMI) Universitas Islam Makassar (UIM) Al-Gazali menggelar rapat pemantapan terkait pelaksanaan Audit Mutu Internal (AMI), Monitoring Indikator Kinerja Utama (IKU) dan One Year Action Plan (OYAP).

Rapat pemantapan oleh LPMI tersebut dihadiri oleh seluruh Gugus Jaminan Mutu (GJM) Fakultas di Ruang Rapat Pimpinan Lantai 3 Gedung Rektorat, Kamis (22/02/2024).

Rencananya pelaksanaan audit akan berlangsung selama dua hari, dimulai dari hari Senin, 26 sampai dengan Selasa, 27 Februari 2024.

Pelaksanaan audit melibatkan 49 orang Tim yang terdiri dari 9 koordinator, melibatkan Gugus Jaminan Mutu (GJM) dan Unit Jaminan Mutu (UJM).

Sekretaris LPMI, Muhajirin, S.Fil., M.Fil mengatakan pelaksanaan audit dilakukan untuk memastikan dokumen telah dipersiapkan oleh seluruh fakultas dan program studi.

“Tujuannya, satu, meninjau dokumen yang telah dipersiapkan oleh fakultas, program studi, dua, penyamaan persepsi tentang alur pelaksanaan audit,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua LPMI UIM Al-Gazali, Dr. Ir. Suradi, S.T.,M.T menyampaikan kegiatan pelaksanaan audit harus dimaksimalkan sesuai dengan standar instrumen yang sudah ditetapkan oleh universitas.

“Pelaksanaan audit ini harus dimaksimalkan sesuai dengan standar instrumen yang kira gunakan,” ungkapnya.

Suradi, menjelaskan pelaksanaan audit ini juga untuk memastikan bahwa indokartor kinerja utama yang telah dilakukan oleh fakultas dan program studi.

“Tim yang akan turun ke setiap fakulas untuk menemukan fakta lapangan. Intinya adalah pada pelaksanaan audit ini ada dua hal yang substansial yang ingin dicapai, Satu, Pimpinan ingin memastikan bahwa Indikator Kinerja Utama (IKU) telah dijalankan dengan baik, kedua, mutu internal program studi berjalan sesuai dengan kriteria 9,” ujarnya.

Ia juga menambahkan pelaksanaan audit tersebut yang dilakukan oleh Lembaga Penjaminan Mutu Internal untuk melakukan pemataan peningkatan studi dalam satu tahun. dan menentukan program studi.

“Dari pelaksanaan audit ini juga LPMI mampu melahirkan pemetaan peningkatan program studi dalam satu tahun, untuk menentukan program studi yang sudah memenuhi syarat akreditasi unggul,” jelasnya.

Terpisah, Rektor Universitas Islam Makassar (UIM) Al-Gazali, Prof. Dr. Ir. H. Muammar Bakry, Lc., M.Ag menyampaikan seluruh kompunen yang bekerja sesuai dengan Indikator Kinerja Utama (IKU).

“Seluruh kompunen bekerja sesuai dengan IKU nya, sehingga audit ini akan terlihat kompunen mana yang akan kelihatan,” punkasnya.