Program Pascasarjana Program Studi Agribisnis Universitas Islam Makassar (UIM Al-Gazali) gelar Lokakarya Kurikulum yang berlangsung di Ruang Rapat Lantai 3 Gedung Rektorat UIM Al-Gazali, Senin (04/09/2023).

UIM NEWS – Program Pascasarjana Program Studi Agribisnis Universitas Islam Makassar (UIM Al-Gazali) gelar Lokakarya Kurikulum yang berlangsung di Ruang Rapat Lantai 3 Gedung Rektorat UIM Al-Gazali, Senin (04/09/2023).

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir Ketua Harian Yayasan Perguruan Tinggi Al-Gazali Makassar Prof. Dr. Ir. Hj. A. Majdah M Zain, M.Si, Sekeretaris Rektor UIM Al-Gazali Dr. Ir. Musdalipah, M.Si., Wakil Rektor Bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Kerjasama Dr. Ir. Ahmad Hanafie, S.T., M.T., IPM., Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Keuangan, Kemahasiswaan, ICT dan Kampus Aswaja Badruddin Kaddas, M.Ag., Ph.D., Direktur Program Pascasarjana UIM Al-Gazali Prof. Dr. Ir. Mir Alam, M.Si., Ketua Program Studi Agribisnis dan Agroteknologi, Ketua Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Dosen, Stake Holder, dan Alumni Program Pascasarjana UIM Al-Gazali.

Lokakarya kurikulum ini bertujuan untuk menyempurnakan dan menyesuaikan kurikulum dengan perkembangan iptek dan kebutuhan stakeholder. Sebagaimana diatur dalam Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 Pasal 1, menyatakan kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan Pendidikan Tinggi.

Dalam sambutannya, Direktur Program Pascasarjana UIM Al-Gazali, Prof. Dr. Ir. Mir Alam, M.Si., menyampaikan bahwa kurikulum merupakan salah satu aspek penting dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi. Oleh karena itu, kurikulum perlu senantiasa dikaji dan diperbaharui agar dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas dan siap menghadapi tantangan zaman.

“Kurikulum perlu dirancang sedemikian rupa sehingga dapat mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi berbagai tantangan di masa depan,” Ucap Prof. Mir Alam.

Ketua Panitia Lokakarya Kurikulum, Dr. Helda Ibrahim, S.P., M.Si yang juga selaku Asisten Direktur I Program Pascasarjana UIM Al-Gazali menyampaikan bahwa lokakarya ini merupakan kegiatan yang sangat penting untuk dilakukan secara rutin. Hal ini dimaksudkan agar kurikulum Program Pascasarjana UI dapat selalu relevan dengan perkembangan iptek dan kebutuhan stakeholder.

“Lokakarya kurikulum ini merupakan momentum untuk mendiskusikan dan mendapatkan masukan dari berbagai pihak terkait kurikulum Program Pascasarjana UI,” ujar Dr. Helda Ibrahim.

Pada kesempatan yang sama Rektor Universitas Islam Makassar (UIM Al-Gazali) dalam hal ini diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Kerjasama dalam sambutannya juga sekaligus membuka acara Lokakarya Kurikulum menyampaikan Realisasi kurikulum ini sangat penting.

“Realisasi kurikulum itu sangat penting, Perguruan Tinggi terkhususnya Program Pascasarjana UIM Al-Gazali perlu merealisasikan kurikulum yang kaku menjadi fleksibel dan membuka diri kepada perubahan paradigma baru,” Pungkasnya.

Ketua Harian Yayasan Perguruan Tinggi Al-Gazali Makassar dalam hal ini juga menyampaikan bahwa dengan ilmu pengetahuan yang berbasis keaswajaan ini UIM Al-Gazali bisa menjadi contoh role model integrasi keilmuan yang berbasis spritual.

“Sekarang ini banyak regulasi kebijakan kementrian yang sangat dinamis sehingga prodi harus menyesuaikan kebijakan kementrian dengan kebutuhan dunia industri. Luaran kita atau Alumni memiliki kompetensi ilmu dan mengaktualisasikan ilmu pengetahuan yang berlandaskan Aswaja sehingga UIM Al-Gazali bisa menjadi role model integrasi keilmuan berbasis Aswaja”, Harap Majdah.

Leave a Comment