UIM Diminati Mahasiswa Jawa dan Sumatera di Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka MBKM

UIM News — Universitas Islam Makassar (UIM) rupanya sangat diminati oleh mahasiswa dari perguruan tinggi di Jawa dan Sumatera.

Hal itu ditunjukan dari ratusan mahasiswa peserta program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang akan menjadi mahasiswa UIM mayoritas dari Jawa dan Sumatera.

Prosesi Pelepasan dan Penyambutan mahasiswa UIM peserta PMM MBKM oleh Rektor UIM Dr Ir Hj A Majdah M Zain MSi secara luring dan daring di Auditorium UIM KH Muhyiddin Zain, Rabu (8/9/2021).

Pada kesempatan tersebut Majdah sekilas memperkenalkan UIM sebagai kampus yang mengusung nilai Aswaja Annahdiyah NU. “Sudah tepat adik-adik memilih UIM karena selain akan membekali dengan keilmuan yang menjadi program yang dipilih juga akan menekankan pemahaman akhlak dan nilai Aswaja,” ujarnya.

Ada sebanyak 48 mahasiswa UIM yang lolos pada program PMM MBKM, serta 55 mahasiswa dari 14 perguruan tinggi dari Sumatera dan Jawa yang akan mengikuti kuliah di UIM untuk program PMM.

Sebanyak 300 mahasiswa dari berbagai provinsi juga telah memilih mata kuliah online dari UIM.

Sebelumnya, pelaksanaan kebijakan MBKM) di UIM mendapatkan apresiasi dari Ketua Pokja Program PMM MBKM Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendikbud Ristek).

Hal tersebut diutarakan Ketua Pokja Pertukaran Mahasiswa Merdeka MBKM Kemendikbud Ristek DR HA Ilham Makhmud MSi saat hadir secara virtual sebagai narasumber utama Workshop Nasional MBKM UIM, Senin (16/8/2021) lalu.

“Dari penjelasan pic (koordinator) PMM MBKM UIM cukup memahami mekanisme dan pelaksanaan kebijakan MBKM, juga ditunjukkan dengan data keterlibatan mahasiswa dan dosen UIM pada kebijakan ini,” ujar Ilham.■