Takmir Masjid Ash Shahabah UIM Dikukuhkan. Majdah: Sukseskan Ash Shahabah sebagai Masjid Destinasi

UIM News — Pimpinan Dewan Masjid Indonesia Kota Makassar HM Nur Halik  mengukuhkan Badan Pengurus Takmir Masjid Ash Shahabah Universitas Islam Makassar (UIM) masa hikmat 2021-2025, Rabu (7/7/2021).

Rektor UIM DR Ir Hj A Majdah M Zain MSi dalam sambutannya mengatakan pengukuhan pengurus kali ini sebagai moment bersejarah karena untuk pertama kalinya Masjid Ash Shahabah pengurusnya dilantik secara resmi oleh Dewan Masjid.

Masjid Ash Shahabah awalnya sebagai masjid kampus UIM yang hanya memiliki kapasitas 100 jamaah lalu direnovasi menjadi berkapasitas 400 jamaah, hingga sekarang dibangun baru berkapasitas 1.600 jamaah.

Masjid Ash Shahabah selain akan dibawah pembinaan Dewan Masjid juga akan dibina dan bergabung di Asosiasi Masjid Kampus Indonesia (AMKI) Sulsel.

Badan Pengurus Takmir Masjid Ash Shahabah yang dikukuhkan Ketua Masykur Yusuf MAg, Wakil Ketua Dr Muhammad Nadhar MSi dan Dr Tahirah Hasan MSi. Sekretaris Rizal Syarifuddin ST MT, Wakil Sekretaris Ahmad Najib SAg dan Muh Nur. Bendahara Dr Ir Musdalipa MSi dengan Wakil Bendahara Hj Nurhayati SP MP.

Majdah mengaku optimis dengan kepemimpinan KH Maskur dengan pengalaman dan jaringannya selama ini akan mampu mewujudkan visi dan misi Masjid Ash Shahabah UIM

“Masjid Ash Shahabah kita harapkan menjadi pusat kajian Islam Aswaja Nahdiyah dan sebagai masjid destinasi bagi ummat Islam Makassar dan setiap pendatang dari luar Makassar,” urainya.

Ketua PW Muslimat NU Sulsel itu menjadikan Masjid Salman ITB dan Masjid Sunda Kelapa Jakarta sebagai benchmark model pengelolaan masjid yang membuat setiap orang merasa tak lengkap jika tak mengunjunginya.

“Masjid Ash Shahabah kita harap ramai dikunjungi bukan saja karena kemegahannya tapi juga karena sarat dengan kegiatan kajian ilmunya sebagaimana Masjid Salman ITB dan Masjid Sunda Kelapa Jakarta,” tuturnya.

Majdah juga berharap pengurus mampu dekatkan kampus UIM kepada masyarakat melalui program kemasjidan yang dikelola secara profesional. “Visi UIM semoga juga dijabarkan di masjid ini, bahwa UIM sebagai Kampus Qurani Kampus Aswaja Annahdiyah,” tambahnya.

Untuk meningkatkan jumlah jamaah, Majdah mengungkapkan, pihaknya akan mempermudah akses masyarakat umum dengan membangun lift kapsul yang akan dibantu pembangunannya oleh Walikota Makassar.

Hadir pada kegiatan tersebut Rois Syuria NU Sulsel Prof DR Najamuddin MA, Kakandepag Makassar DR Arsyad Ambo Tuo MA, Pimpinan Dewan Masjid Sulsel DR H Wahid MAg, Ketua AMKI Sulsel Prof DR Hamid Habe.

“Jadikan Masjid Ash Shahabah untuk membangun persaudaraan paripurna dibawah kalimat lailaha ilallah,” harap Wahid.■ fir