WR I UIM Narasumber Diskusi API dan Walikota Makassar. Usulkan Optimalisasi PLS Lorong

UIM News — Wakil Rektor I Universitas Islam Makassar (UIM) Prof DR H Arfin Hamid SH MH menjadi narasumber atau penanggap inti pada Diskusi Rutin Asosiasi Profesor Indonesia (API) Sulsel, Ahad (4/7/2021).

Diskusi API Sulsel kali ini menampilkan Walikota Makassar Ramdhan “Dany” Pomanto yang memaparkan “Reformasi Pendidikan, Semua Harus Sekolah Menuju 5000 Lorong Sehat/Lorong Wisata,”

Diskusi melalui Zoom itu juga menghadirkan penanggap lainnya Prof Hamdan (Rektor UIN), Prof Rahman Kadir (Dekan FE Unhas) dan Prof Arlin Adam (Ketua Senat UPRI) serta dimoderatori Prof Nur Sadik (Guru Besar Unhas).

Prof DR H Arfin Hamid SH MH

Menurut Arfin, program pembangunan Kota Makassar di bawah kepemimpinan Walikota Dany dengan tagline dan fokus “Anak Lorong” sangat tepat karena 90 persen warga Makassar tinggal di lorong.

“Anak lorong ada 8 pemaknaan bukan saja dimaksud untuk anak-anak tapi dimaksud sebagai semua warga yang tinggal di lorong,” jelasnya kepada hampir 600 peserta diskusi.

Maka program lorong ala Pak Dany itu, menurut guru besar hukum itu, bagaimana arahnya bagi pemberdayaan warga kota. “Antara lain dengan mengoptimalkan kegiatan dan lembaga Pendidikan Luar Sekolah (PLS) untuk pemberdayaan sumber daya warga,” usulnya.

Menurut Arfin peningkatan sektor pendidikan di Makassar melalui PLS mutlak difasilitasi oleh Pemkot. “Pembelajaran non formal seperti kursus, pelatihan dan lainnya dimaksimalkan dan diberi sertifikat pendamping ijazah. Termasuk kepada majelis taklim bukan saja diceramahi agama tapi juga diberi pelatihan keahlian yang bermanfaat bagi keluarganya,” rincinya.■ fir