Majdah Pastikan Masjid Baru UIM Dipakai Ramadhan ini

The New Masjid Ash Syahabah UIM

UIM News — Rektor Universitas Islam Makassar (UIM) DR Ir Hj A Majdah M Zain MSi memastikan masjid baru UIM akan digunakan pada Ramadhan, April nanti.

Hal ini terungkap saat memberikan pengarahan pada rapat pimpinan serUIM di auditorium KH Muhyiddin Zain, Selasa (2/3/2021) pagi tadi.

“Kita berharap dengan dibukanya New Masjid Ash Syahabah akan semakin mengentalkan atmosfer aswaja dan iklim qurani di UIM,” ujarnya.

Melalui Wakil Rektor IV Bidang Aswaja dan Lembaga Aswaja UIM akan mengkoordinasikan program pembelajaran quran dan kegiatan kajian di masjid yang telah selesai dibangun baru tersebut.

Rapat pimpinan UIM serUIM di auditorium KH Muhyiddin Zain

Masjid Ash Syahabah akan menjadi ikon baru masjid di Makassar karena keunikan desain kubahnya. Kubah tak berbentuk kubah masjid umumnya namun berbentuk bulan sabit dan lima bintang.

“Semoga mulai Ramadhan nanti kita semakin intensifkan kegiatan agar UIM Kampus Qurani Kampus Aswaja tak sebatas tagline tapi nampak dari aktivitas kampus,” harap Ketua PW Muslimat NU itu.

Demikian pula untuk semua kegiatan akademik, tegasnya, harus dipayungi nilai keaswajaan. “Keaswajaan menjadi ciri UIM. Ini diapresiasi oleh Kepala LLDIKTI IX. Namun penguatannya perlu program yang konkrit dan konsisten,” tambahnya.

Pihaknya berencana Lembaga Aswaja UIM akan dilengkapi Kepala Pusat Studi Alquran dan Kepala Dakwah dan Kajian Islam. “Nanti Lembaga Aswaja yang akan memastikan mahasiswa yang akan diwisuda harus memiliki sertifikat baca alquran,” rinci pendiri Forum Kajian Cinta Quran itu.

Wakil Rektor IV UIM Dr HM Ruslan Wahab Lc MA menambahkan pihaknya telah selesai menyusun panduan pedoman Kampus Qurani. 

“Ada tiga program utama Kampus Qurani yakni memastikan SDM berakhlak qurani, Tridarma Perguruan Tinggi di UIM harus diintegrasikan dengn program qurani, dan lingkungan kampus yang qurani.

Maka, urainya, akan ada lima jenis halaqah yang terselenggara simultan di setiap fakultas yang akan diikuti dosen, karyawan, pimpinan dan mahasiswa.

Mulai dari halaqah kajian quran, tahsin qira’ah, ahfizh quran, hablum quran untuk khatamkan quran dan halaqah barzanji. “Halaqah-halaqah tersebut akan libatkan ulama khusus yabg akan beri bimbingan,” tandasnya.■ fir