Pascasarjana UIM akan Buka Prodi Administrasi Publik

UIM News — Program Pascasarjana Universitas Islam Makassar (UIM) dalam waktu dekat akan membuka program studi (prodi) Administrasi Publik.

Hal itu diungkapkan Direktur Pascasarjana UIM Dr H Abd Rahim Mas P Sanjata MAg di sela sambutannya di hadapan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) IX Prof DR Jasruddin MSi di ruang kerja Rektor UIM, Selasa (2/3/2021).

Jasruddin mengunjungi UIM memimpin langsung tim Binwasdal (Pembinaan, Pengawasan, dan Pengendalian) LLDIKTI IX untuk audit standar kualitas Pascasarjana UIM selama hingga Jumat (5/3/2021).

Mantan Direktur Pascasarjana UNM itu menyambut positif atas rencana tersebut. “Saya memang mendorong pembukaan prodi lebih banyak di program magister dan doktor,” ujarnya.

Rektor UIM DR Ir Hj A Majdah M Zain MSi mengaku sangat senang dengan kedatangan tim yang dipimpin Kepala LLDIKTI. “Penghargaan bagi UIM dengan perhatian lebih Kepala LLDIKTI selama ini,” ujarnya.

Majdah menguraikan UIM sedang bergerak membenahi semua aspek, dengan titik pengembangan sejak 2000. Awalnya merangkak dengan segala keterbatasan.

Pengembangan tersebut di antaranya UIM telah membangun sistem Smart Campus. “Saat ini sudah dipakai tapi belum sempurna. Dan sedang dilakukan mutasi data ke digital,” ujarnya

Sejak pembenahan dilakukan, saat ini akreditasi sebagian besar prodi di UIM telah meraih B. Tinggal 6 prodi dengan akreditasi C dan 32 prodi telah raih akreditasi B.

Jasruddin mengapresiasi perkembangan UIM di bawah kepemimpinan Rektor Majdah. “Saya percaya tekad semua elemen di UIM memperbaiki kualitas dan tata kelolanya seiring adanya mekanisme dan klasterisasi yang memaksa peningkatan kualitas sebuah perguruan tinggi,” urainya.

Ada 16 indikator earli warning system yang menjadi acuan audit kualitas sebuah perguruan tinggi. Salah satunya rasio dosen dan mahasiswa.■ fir