JK menyambut hangat kedatangan Siswa SMA Taruna Nusantara yang berlangsung di Wisma Kalla, Jl. Ratulangi, Makassar

UIM NEWS – Tujuh siswa SMA TN Angkatan 34 yang berasal dari Sulsel (Panda Sulsel) silaturahim dan wawancara dengan Tokoh Nasional Dr. (HC) M. Jusuf Kalla, Wakil Presiden RI yang ke 10 dan 12 yang sekaligus Dewan Pembinan Yayasan Perguruan Tinggi Al-Gazali Makassar.

JK menyambut hangat kedatangan Siswa SMA Taruna Nusantara yang berlangsung di Wisma Kalla, Jl. Ratulangi, Makassar, (19/12/2023).

Siswa-siswi SMA TN diantarnya, A.Ahmad Syahrul Agus A.Nu’mang, A.Muh Ahza Anwari, Muh Nanda Naufal Sakti Pratama, Andi Alifah Putri Ibrahim, Raihanul Sharimul Adli, Muh. Naufal Noer Sukri, dan M. Aqsha Yulianto S.

K menyambut hangat kedatangan Siswa SMA Taruna Nusantara yang berlangsung di Wisma Kalla, Jl. Ratulangi, Makassar,

SMA TN yang berlokasi di Magelang merupakan sekolah menengah atas berasrama penuh, yang dikelola oleh lembaga Perguruan Taman Taruna Nusantara (LPTTN) yang berada dibawah naungan Yayasan Pengembangan Sumber Daya Pertahanan (YPSDP).

SMA Taruna Nusantara adalah Sekolah Menengah Atas Unggulan berciri ke Nusantaraan, untuk membentuk pemimpin bangsa berkualitas dan berkarakter yang berwawasan kebangsaan.

Siswa Angkatan 34 (kelas X) ini diberi tugas untuk bersilaturrahim dan sekaligus melakukan wawancara kepada Tokoh Nasional dan Tokoh Lokal daerah asal masing-masing siswa.

Tujuan nya adalah untuk mendapatkan nasehat sekaligus motivasi bagaimana menjadi orang yang sukses dan bermanfaat bagi bangsa dan negara.

JK sangat senang menerima dan sangat antusias menjawab pertanyaan para siswa secara bergantian.

Pertanyaan para siswa seputar bagaimana kiat menjadi orang sukses seperti JK, bagaimana bisa menjadi tokoh perdamaian dunia, bagaimana cara pengambilan keputusan ketika diperhadapkan pada berbagai masalah dan kendala dalam proses mencapai tujuan atau cita-cita.

Bagaimana jika mengalami kegagalan dari apa yang diharapkan. Apa kebiasaan yang baik yang selalu dilakukan, apa cita-cita JK dan harapan untuk bangsa ini.

Apa nilai yang dipegang teguh agar bisa sukses dan apa upaya yang dilakukan untuk mempertahankan dan menjaga nilai. Apakah ada obsesi atau harapan JK yang belum terpenuhi ?

JK balik bertanya apa cita-cita para siswa satu persatu. Dari 7 orang siswa, 2 orang siswa menjawab mau lanjut ke AKMIL, 4 siswa ke AKPOL dan satu orang siswa ke STAN.

Dalam perbincangan yang panjang, Jusuf Kalla menyampaikan nasehat dan petuah kepada Siswa Taruna Nusantara yang kelak akan menjadi pemimpin bangsa.

“Kenapa kalian tidak ada yang bercita-cita jadi pengusaha, kalian harus mengelola SDA negeri kita yang kaya raya, jangan tunggu orang lain, menjadi pengusaha. Sama halnya dengan Tentara dan Polisi untuk membela dan mempertahankan negeri ini,” Tegas JK.

Dari pernyataan tersebut, Siswa SMA Taruna Nusantara terkesima mendengarkan pernyataan JK yang awalnya beliau seorang pengusaha, lalu terjun ke dunia politik hingga menjadi Wakil Presiden.

Proses wawancara berjalan lancar meski di awal terkesan agak tegang, mungkin karena para siswa membayangkan bahwa dihadapan mereka adalah sosok Wakil Presiden dua kali pada masanya yang juga adalah Tokoh perdamaian dunia.

Namun karena para siswa sudah digembleng selama kurang lebih 5 bulan termasuk Pendidikan Dasar Kepemimpinan dan Kedisiplinan (PDK) selama hampir 4 bulan, Alhamdulillah para siswa mampu memperlihatkan rasa percaya diri dan optimisme yang tinggi untuk bisa sukses seperti Tokoh yang ada dihadapannya.

Rasa terimakasih disampaikan oleh Siswa Taruna Nusantara kepada JK yang telah meluangkan waktu hampir sejam untuk memberi nasehat kepada generasi penerus.

Leave a Comment