Rektor Universitas Islam Makassar (UIM Al-Gazali), Prof. Dr. H. Muammar Bakry, Lc., M.A., secara resmi membuka lokakarya kurikulum MBKM Teknik Informatika Fakultas Teknik bertema Pengembangan Pembelajaran Case Method dan Team Based Project Berbasis Indikator Kinerja Utama (IKU), Kamis (24/08/2023)

UIM NEWS – Rektor Universitas Islam Makassar (UIM Al-Gazali), Prof. Dr. H. Muammar Bakry, Lc., M.Ag., secara resmi membuka lokakarya kurikulum MBKM Teknik Informatika Fakultas Teknik bertema Pengembangan Pembelajaran Case Method dan Team Based Project Berbasis Indikator Kinerja Utama (IKU), Kamis (24/08/2023).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi terus berupaya untuk meningkatkan kualitas dan relevansi lulusan program sarjana. Salah satu yang dilakukan adalah dengan adanya kebijakan mengenai “Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM)”. Program MBKM bertujuan untuk mendorong mahasiswa menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja melalui kegiatan pembelajaran di luar program studi dan kampusnya.

Perguruan Tinggi juga dituntut untuk menyusun target dan mengembangkan program untuk pencapaian Indeks Kinerja Utama (IKU) sesuai Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 754/P/2020 tentang Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi Negeri Dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mendorong perguruan tinggi untuk menyusun program kegiatan berorientasi pencapaian IKU yang di dalamnya juga mencantumkan kinerja Perguruan Tinggi dalam melaksanakan MBKM.

Lokakarya ini diikuti oleh seluruh dosen Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik UIM Al-Gazali. Lokakarya ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Teknik Informatika di UIM Al-Gazali, khususnya pada pembelajaran case method dan team based project.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. H. Muammar Bakry, Lc., M.Ag., menyampaikan bahwa Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia. MBKM memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan diri melalui berbagai kegiatan, seperti pertukaran pelajar, magang, riset, dan kewirausahaan.

“Program MBKM memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar di luar kampus, baik di dalam maupun luar negeri. Hal ini akan membantu mahasiswa untuk mengembangkan kompetensinya yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja,” Ucap Rektor UIM Al-Gazali.

Pembelajaran case method dan team based project akan membantu mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis, memecahkan masalah, dan bekerja sama, tambahnya.

Rektor UIM Al-Gazali juga mengungkap bahwa Berbasis Indikator Kerja Utama adalah kolaborasi antara ilmu dan keinginan, ilmu dan tekad.

“Yang dimaksud dengan berbasis kinerja itu adalah kolaborasi antara ilmu dan keinginan, ilmu dan tekad itulah yang dimaksud dengan kinerja, jadi case method adalah cara menyelesaikan masalah dengan mencarikan solusi yg terbaik” Pungkas Muammar Bakry.

Pada kesempatan yang sama, Dekan Fakultas Teknik UIM Al-Gazali Dr. Ir. Saripuddin M, S.T., M.T., menyampaikan bahwa lokakarya ini merupakan salah satu upaya Program Studi Teknik Informatika untuk meningkatkan kualitas pembelajarannya.

“Kami berharap agar lokakarya ini dapat menghasilkan rancangan pembelajaran case method dan team based project yang dapat membantu mahasiswa untuk mengembangkan kompetensinya yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja,” Ujar Dekan Fakultas Teknik UIM Al-Gazali.

Turut hadir dalam hal ini Wakil Rektor Bidang Tridarma Perguruang Tinggi dan Kerjasama Dr. Ir. Ahmad Hanafie, S.T., M.T., IPM, dan Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Keuangan, Kemahasiswaan, ICT dan Kampus Aswaja Badruddin Kaddas, S.Ag., M.Ag., Ph.D.