Rektor Universitas Islam Makassar (UIM) Dr. Ir. Hj. Andi Majdah M Zain, M.Si menghadiri Undangan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditbelmawa) sebagai salah satu dari 144 yang diundang hadir karena ada 204 Perguruan Tinggi penerima Pertukaran Mahasiswa Merdeka Angkatan 3 (PMM 3) tahun 2023 program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kementrian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia di Ruang Auditorium Gedung D, Lantai 2, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Kamis (15/06/2023).

UIM NEWS – Rektor Universitas Islam Makassar (UIM) Dr. Ir. Hj. Andi Majdah M Zain, M.Si menghadiri Undangan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditbelmawa) sebagai salah satu dari 144 yang diundang hadir karena ada 204 Perguruan Tinggi penerima Pertukaran Mahasiswa Merdeka Angkatan 3 (PMM 3) tahun 2023 program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kementrian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia di Ruang Auditorium Gedung D, Lantai 2, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Kamis (15/06/2023).

Badruddin Kaddas, M.Ag., Ph.D selaku Ketua PIC/Kordinator MBKM UIM yang mendampingi Rektor dalam acara tersebut mengungkapkan bahwa pada PMM 3 ini UIM menjadi salah satu kampus favorit di Indonesia Timur yang dipilih oleh mahasiswa (Inbound) dari luar pulau Sulawesi untuk melaksanakan perkuliahan selama satu semester. Pendaftar mahasiswa Inbound yang memilih UIM sebanyak 986 orang yang berasal dari 280 Perguruan Tingg dan setelah mengikuti seleksi yang sangat ketat, yang lolos 93 orang mahasiswa yang berasal dari 66 Perguruan Tinggi yang tersebar dari Sabang sampai Marauke, dari Miangas sampai Pulau Rote.

“Selain menerima mahasiswa inbound, kami juga mengutus mahasiswa kita untuk mengikuti perkuliahan satu semester di kampus di luar pulau Sulawesi. Mahasiswa UIM yang mendaftar sebanyak 79 orang dan setelah mengikuti seleksi yang sangat ketat yang lolos berjumlah 11 orang”, Tambah Dekan FKIP UIM alumni Doktor dari Negeri Jiran tersebut.

Dr. Ir. Hj. Andi Majdah M Zain, M.Si selaku Rektor Universitas Islam Makassar dalam jumpa persnya mengatakan bahwa UIM telah berkontribusi mensukseskan program MBKM semenjak pertama kali diluncurkan pada tahun 2020, baik itu yang diinisiasi oleh pemerintah maupun secara mandiri.

Selama kurang lebih 3 tahun terakhir ini UIM telah menorehkan beberapa penghargaan dalam mengimplementasikan program MBKM, salah satunya adalah apresiasi langsung dari Mas Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) bapak Nadiem Anwar Makarim menjadi Kampus Urutan ke 5 Besar dari kurang lebih 275 Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama yang paling banyak mahasiswanya mengikuti program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada Rakernas Lembaga Pendidikan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPTNU) dan Konferensi PTNU yang di gelar kemarin pada tanggal 8-10 Maret 2023 di Medan.

Majdah menambahkan bahwa ia merasa bahagia mendapat kehormatan diundang sebagai salah satu dari 143 perguruan tinggi yang diundang khusus untuk melakukan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditbelmawa) sebagai Perguruan Tinggi penerima Pertukaran Mahasiswa Merdeka Angkatan 3 (PMM 3) tahun 2023 program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

“Saya berharap program MBKM terus di laksanakan salah satunya program PMM karena program ini dapat membekali mahasiswa dengan berbagai kompetensi, keterampilan dan karakter untuk menjadi generasi emas yang berkarakter, adaptif, unggul dan berwawasan global”, Harap Majdah.