Pacu Pencapaian IKU, Prodi PGSD dan Pendidikan Bahasa FKIP UIM Gelar Lokakarya MBKM

Rektor UIM Dr Ir Hj A Majdah M Zain menyampaikan sambutan.

UIM News — Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan prodi pendidikan Bahasa dan Sasta Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Makassar (FKIP UIM) menyelenggarakan lokakarya kurikulum Merdekan Belajar Kampus Merdeka (MBKM) secara luring di Hotel Arthama Makassar, Sabtu (25/9/2021).

Ketua Tim Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) sekaligus sebagai Wakil Dekan I FKIP UIM Supriadi SPd MPd dalam laporannya mengatakan proses seleksi proposal hibah MBKM yang dilakukan Dikti cukup ketat sehingga prodi yang lolos memiliki kualitas proposal yang bagus.

“Tidak semua program studi dapat mengusulkan hibah, hanya program studi yang terakreditasi B yang memperoleh pendanaan dari kementerian, alhamdulillah support ibu rektor dan jajarannya khususnya dekan FKIP serta kerja keras dan kekompakan teman-teman di prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia mendapat hibah,” ujarnya.

Hadir sebagai pemateri pada lokakarya itu Dr. Ir. Hj. A. Majdah M. Zain, M.Si (Rektor UIM), Prof. Dr. H.M. Arifin Hamid, M.H (WR I UIM), Prof. Dr. Endry Boeriswati, M.Pd (Ketua Asosiasi Jurusan/Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), dan Dr. Usman, S.Pd., M.Pd (Ketua Prodi S.1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UNM).

Ketua prodi PGSD sekaligus Ketua Tim Prodi PGSD Erwin Nurdiansyah SPd MPd mengemukakan lokakarya MBKM prodi PGSD ini diikuti oleh para pimpinan di tingkat universitas, pimpinan di tingkat fakultas, para ketua prodi di lingkup UIM, para dosen/pendidik dan tenaga kependidikan di lingkup prodi PGSD, para kepala sekolah/madrasah sebagai mitra, perwakilan orangtua mahasiswa, alumni dan mahasiswa prodi PGSD.

Kegiatan ini merupakan salah satu realisasi dari proposal prodi PGSD yang berjudul “Penerapan Model Kerjasama Berbasis Indikator Kinerja Utama (IKU) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar” yang lolos memenangkan hibah pendanaan dalam rangka mendukung implementasi program MBKM dan percepatan pencapaian Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi (IKU PT).

Dekan FKIP UIM Badruddin Kaddas MAg PhD sekaligus Ketua PIC/kordinator MBKM UIM mengaku bersyukur kepada Allah Swt, sebab 4 prodi di FKIP UIM berhasil memenangkan hibah percepatan penerapan MBKM.

Sebelumnya pada 2020 terdapat 2 prodi FKIP UIM telah mendapatkan hibah pendanaan dalam rangka mendukung percepatan implementasi program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM), yakni: prodi PG PAUD dan prodi Pendidikan Bahasa Inggris.

Implementasi program MBKM ke dua prodi tersebut telah berjalan pada semester genap T.A 2020-2021, yakni: pertukaran mahasiswa merdeka untuk prodi PG PAUD, dan asistensi mengajar/kampus mengajar untuk prodi Pendidikan Bahasa Inggris.

“Alhamdulillah tahun ini kembali prodi PGSD dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia kembali lolos memenangkan hiba yang sama pada tahun sebelumnya. Olehnya itu, saya sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada teman-teman tim di tiap prodi di FKIP yang telah bekerja keras, kepada Rektor UIM bersama jajarannya atas support yang luar biasa kepada FKIP UIM , dan kepada semua pihak yang telah ikut berkontrubusi,” tuturnya.

FKIP UIM sejauh ini telah melaksanakan program MBKM baik secara mandiri maupun yang diinisiasi oleh pemerintah. Secara mandiri telah dilaksanakan oleh prodi PBI dan PG PAUD. Adapun yang diinisiasi oleh Kemendikbud Ristek FKIP UIM telah meloloskan banyak dosen sebagai Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) pada program Kampus Mengajar dan dosen pengampu mata kuliah di program pertukaran mahasiswa merdeka dan mahasiswa sebagai peserta di program Kampus Mengajar dan Pertukaran Mahasiswa Merdeka.

Dengan adanya lokakarya MBKM ini harapnya, dapat mempercepat pencapaian IKU. Diharapkan program studi dapat melaksanakan kerja sama dengan mitra terkait pengembangan kurikulumnya, diharapkan dapat menciptakan model kurikulum yang adaptif dan fleksibel, dan mendorong mahasiswa mengikuti kegiatan pembelajaran di luar program studi/perguruan tinggi sehingga dapat berkontribusi dalam mencetak alumni yang bermutu dan berkualitas.

Rektor UIM Dr. Ir. Hj. Majdah M Zain, M.Si sebelum membuka acara secara resmi, sangat mengapresiasi capaian FKIP UIM yang berhasil meloloskan semua prodinya mendapatkan hibah percepatan penerapan MBKM dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemdikbud Ristek RI serta berhasil mendorong dosen dan mahasiswanya mengikuti program MBKM Kemdikbud Ristek RI yang dibuktikan dengan banyaknya dosen dan mahasiswanya yang lolos pada program MBKM Kemdikbud Ristek RI.

Sejauh ini UIM telah berhasil mengikuti beberapa program MBKM dan beberpa prodi telah melakukan rekognisi kurikulum sesuai program MBKM. UIM telah berupaya menyiapkan lulusan yang tangguh dalam menghadapi perubahan sosial, budaya, dunia kerja, dan teknologi yang semakin berkembang dengan pesat di era revolusi industri 4.0 menuju era 5.0.

“Tentunya upaya itu kami sesuaikan dengan mengikuti kebijakan mas Nadim Kemdikbud Ristek yakni pemberian kebebasan bagi mahasiswa untuk mengikuti kegiatan pembelajaran selama maksimum tiga semester belajar di luar program studi dan kampusnya, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih luas dan kompetensi baru melalui beberapa kegiatan pembelajaran di antaranya pertukaran mahasiswa, magang/praktik kerja, riset, studi/proyek independen, asistensi mengajar/kampus mengajar, wirausaha, kegiatan sosial/prosek kemanusiaan, dan membanyun desa/KKN Tematik.

Beberapa prodi di UIM telah mengembangkan kurikulum yang adaptif dan mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman yang semakin pesat tanpa keluar dari tujuan dalam menghasilkan lulusan sesuai dengan capaian pembelajaran yang telah ditentukan serta telah kolaborasi dan kerja sama dengan mitra ataupun pihak lain yang berkaitan dengan bidang keilmuannya dan turut serta dalam mendukung capaian pembelajaran yang diinginkan.

Turut hadir dalam acara Lokakarya Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Prodi PGSD dan prodi Pendidikan BAhasa dan Sastra Indonesia tersebut Rektor UIM ibu Dr. Hj. Andi majdah M Zain, M.Si, Wakil Rektor I UIM Prof. Dr. H. M. Arifin Hamid, M.H, Wakil Rektor II UIM Dr. Ir. La Sumange, M.Si, Kepala BAAK UIM Dr. Ir. Andi Rahman Safar, M.Si, KTU UIM Muh. Nur, S.S, Kabag Akademik Ahmad Najib, S.Ag, Pembina FKIP UIM Dra. Hj. Andi Besse Marda, M.Pd, Wakil Dekan I FKIP Supriadi, S.Pd., M.Pd, Wakil Dekan II FKIP Sri Hastati, S.E., M.Pd, Wakil Dekan III FKIP Ince Prabu Setiawan Bakar, S.Pd., M.Pd. Juga Ketua Prodi PGSD Erwin Nurdiansyah S.Pd. M.Pd, Ketua Prodi PG-PAUD Nasaruddin. R S.Pd M.Pd, Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Jusmaniar. N. S.Pd., M.Pd, Ketua prodi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia Erniati, S.Pd. M.Pd, Ketua Gugus Jaminan Mutu FKIP UIM Riskal Fitri S.Pd M.Pd, KTU FKIP UIM ibu Azizah S.E., M.Si, para Unit Jaminan Mutu, para prodi mitra, para Kepala Sekolah/Madrasah, para dosen, para staf di FKIP UIM, perwakilan orang tua mahasiswa, para alumni, dan mahasiswa.■ erwin/*