UIM News — Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Makassar (FKIP UIM) melaksanakan Penyambutan dan Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) Tahun Akademik 2021/2020 di Aula Gedung FKIP Lantai 3 secara terbatas.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh civitas akademika FKIP UIM dan perwakilan lembaga kemahasiswa FKIP UIM, Minggu (5/9/2021).

Wakil Dekan III FKIP UIM Ince Prabu Setiawan Bakar, S.Pd., M.Pd selaku ketua panitia PPMB FKIP UIM melaporkan kegiatan dilaksanakan dengan moda luring dan daring. “Mengingat kita masih dalam suasana pandemi. Mahasiswa Baru yang hadir masing-masing diwakili oleh 3 orang di setiap prodi, sisanya mengikuti moda daring di ruang Zoom yang disiarkan live di kanal Youtube dan Fanpage FKIP UIM Keren,” jelasnya.

FKIP UIM tahun ini menerima mahasiswa baru berjumlah 100 lebih mahasiswa yang tersebar ke empat prodi di FKIP UIM. Ince Prabu berpesan kepada semua maba, saat kuliah nanti pintar saja tentu tidak cukup. Namun, harus dibarengi dengan peningkatan soft skill dengan cara menjadi mahasiswa yang aktif, baik secara akademik maupun dalam unit kegiatan mahasiswa atau organisasi kemahasiswaan yang ada di kampus.

“Juga harus mempunyai sikap mental yang baik, mempunyai kemampuan berkomunikasi dengan baik, dan dapat bekerjasama dengan baik, menjadi keharusan. Terus kembangkan bakat, minat dan potensi diri karena akan menjadi penunjang keberhasilan bagi kalian dalam menyongsong masa depan,” harapnya.

Dekan FKIP UIM Badruddin Kadas, M. Ag., P.hD., mewakili jajaran pimpinan FKIP UIM dan pribadi menyampaikan selamat atas diterimanya sebagai mahasiswa baru Angkatan 2021 di FKIP UIM.

“Memilih FKIP UIM juga adalah pilihan yang tepat. Mengapa? Karena visi FKIP UIM adalah terwujudnya pendidik yang memiliki kompetensi kepribadian, paedogogik, sosial dan profesional yang unggul dan berwawasan IPTEKS (Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Sains) berasaskan nilai-nilai Aswaja,” urainya.

FKIP UIM saat ini mempunyai 4 Prodi S1, yaitu Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD), Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, dan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

“Semua prodi di FKIP UIM telah terakreditasi B, dosen yang mengajar di FKIP UIM adalah pendidik yang kompeten, profesional dan berdedikasi serta telah berprestasi di ranah regional, nasional maupun internasional yang siap menghadapi tantangan era Industry 4.0 menuju era 5.0, dengan menyiapkan segala potensi sumber daya seoptimal mungkin dalam rangka memberikan pelayanan terbaik bagi kalian,” tambah Badruddin Kaddas.

Ketua Alumni FKIP UIM Arif Hukmi, S.Pd dalam sambutannya mengucapkan selamat datang di keluarga besar FKIP UIM, “Adik-adik sekalian tidak salah memilih FKIP UIM sebagai fakultas dan ruang yang tepat untuk melanjutkan pendidikan,” ujarnya.

Menurut Arif, FKIP UIM adalah salah satu fakultas terkeren di UIM, hal ini tidak berlebihan, jika dilihat dari prestasi yang diukir oleh mahasiswa, dosen dan alumni di ranah regional, nasional, maupun internasional.

Sekarang FKIP UIM telah berhasil mencetak lebih dari 600 alumni yang telah tersebar ke seluruh pelosok nusantara yang 90 peresen lebih telah menjadi guru baik yang PNS maupun honorer. Hal ini merupakan salah satu bukti bahwa FKIP UIM telah berhasil mencetak generasi emas dan milenial untuk memperbaiki mutu dan kualitas pendidikan di Indonesia.

Juan Astuti merupakan salah seorang mahasiswa baru di FKIP UIM dari program studi PGSD mengatakan bahwa ia sangat bangga bisa kuliah FKIP Uiversitas Islam Makassar dan sangat senang mengikuti kegiatan penyambutan dan peneriamaan mahasiswa baru FKIP UIM yang berkesan dan akan menjadi kenangan yang tidak akan terlupakan nanti.

Turut hadir dalam acara Penyambutan dan Penerimaan Mahasiswa Baru FKIP UIM pembina FKIP UIM ibu Dra. Hj. Andi Besse Marda, M.Pd, Wakil Dekan I FKIP UIM bapak Supriadi, S.Pd., M.Pd, Wakil Dekan II FKIP UIM ibu Sri Hastati S.E M.Pd, Wakil Dekan III FKIP UIM Ince Prabu Setiawan. B, S.Pd., M.Pd.

Juga Ketua Prodi PGSD Erwin Nurdiansyah, S.Pd., M.Pd., M.Pd Ketua Prodi PG-PAUD Nasaruddi R, S.Pd., M.Pd, Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Jusmaniar N. S.Pd., M.Pd, Ketua prodi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia Erniati, S.Pd., M.Pd, Ketua Gugus Jaminan Mutu FKIP UIM Riskal Fitri. S.Pd., M,Pd, KTU FKIP UIM ibu Azizah, S.E., M.Si, para Unit Jaminan Mutu FKIP UIM, para dosen FKIP UIM, para staf FKIP UIM, Ketua Senat FKIP UIM Kalsum, Ketua PMII Rayon FKIP Ikham Alfandi, dan para ketua himpunan prodi.■ erwin nurdiansyah/fir