UIM Mulai Galakkan Halaqah Quran bagi Dosen dan Staf

UIM News — Universitas Islam Makassar (UIM) mulai menggalakkan pembentukkan dan pelaksanaan halaqah-halaqah quran bagi pimpinan, dosen dan karyawan.

“Halaqah quran merupakan kelompok-kelompok tiap fakultas atau gabungan untuk pembelajaran dan pengkajian quran,” jelas Rektor UIM DR Ir Hj A Majdah M Zain MSi di Makassar, Sabtu (8/5/2021).

Salah satu kelompok halaqah quran yang mulai digelar dan terlihat melaksanakan kajian ba’da shalat Dhuhur di Masjid Ashahabah UIM, Sabtu siang tadi, Halaqah Quran Fakultas Pertanian.

Pada halaqah tersebut menghadirkan Dekan Fakultas Agama UIM Prof Dr H Najamuddin H Abd Safa MA menyampaikan kajian.

Program Halaqah Quran dirilis oleh Rektor UIM 17 Ramadhan lalu. Majdah menjelaskan, Halaqah Quran di UIM sebagai majelis ilmu bagi dosen, karyawan dan mahasiswa UIM belajar membaca quran, mengetahui makna dan memahami isi alquran. Dan tentunya sarana mengajarkan dan amalkan quran.

“Berbagai program dan kegiatan bertemakan quran sebagai wujud menciptakan atmosfer UIM sebagai kampus qurani,” jelasnya.

Terkait Halaqah Quran yang dilaksanakan bagi dosen dan staf di Fakultas Pertanian, Dekan Fakultas Pertanian DR Ir Suardi Bakry MSi mengatakan halaqah merupakan momen yang sangat baik dimanfaatkan dosen, karyawan dan mahasiswa untuk memperdalam ilmu-ilmu agama, terkhusus ilmu yang terkandumg dalam alquran.

“Saya selaku dekan mengucapkan terima kasih kepada pimpinan Universitas, utamanya wakil rektor IV (DR H Ruslan MA) yang telah mengagas kegiatan ini, sebagai implementasi UIM sebagai Kampus Qur’ani,” tuturnya.

Pembukaan Halaqah Kajian Al Qur’an UIM pagi tadi oleh WR IV UIM DR H Ruslan MA pesertanya diawali oleh Halaqah Kajian Al Qur’an  Fakultas Hukum dan Fakultas Sastra dab Humaniora dengan narasumber Prof. Dr KH M Ghalib MA menyampaikan kajian Tafsir Surah Al-Fatihah).

“Kegiatan ini sangat positif dan bagus sekali, secara pribadi mengapresiasi dan berterima kasih diberi ruang, wadah dan kesempatan ikut belajar kajian Al-Qur’an dari pembina/narasumber hebat dan ahli di bidangnya. Semoga berkah bagi  UIM,” ujar Wakil Dekan 2 Fakultas Hukum DR Marif SH MH. ■ fir