Melalui Coaching Clinic, Majdah Harap UIM Lahirkan Peneliti Handal

UIM News — Rektor Universitas Islam Makassar (UIM) DR Ir Hj A Majdah M Zain MSi menargetkan peningkatan jumlah dan kualitas peneliti yang handal dengan hasil penelitian masuk index Copus.

Mewujudkan target tersebut UIM, melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) mengintenskan pelaksanaan coaching clinik.

“Potensi itu ada sebab banyak dosen UIM memiliki minat besar melakukan riset di berbagai bidang sisa kita fokuskan dengan coaching clinic,” jelas Majdah saat membuka kegiatan peningkatan kapasitas peneliti itu, Jumat (16/4/2021).

LP2M selama dua (16-17/4/2021) menggelar coaching clinik. “Ini merealisasikan niat kita mencetak peneliti yang unggul, berkualitas dan qurani tema kegiatan ini menarik peningkatan mutu dan kapasitas penelitian dan pengabdian masyarakat,” ujar Majdah

Ketua LP2M UIM Dr Ir Syaripuddin Muddin MT menyampaikan kegiatan coaching clinic dilakukan secara zoom dan juga offline terbatas di auditorium UIM KH Muhyiddin Zain mengingat masih pandemi Covid-19.

Coaching clinik tersebut menghadirkan keynote speaker Prof Dr Heri Hermansyah ST MEng (Plt Direktur Riset dan Pengabdian Masyarakat, Prof Dr Ir H Bakhrani A Rauf MT (Ketua LP2M UNM) dan Prof Dr Usman Mulbar (Sekretaris LP2M UNM) dipandu Wakil Rektor I UIM Prof Dr Arfin Hamid SH MH

Menurut Heri Hermansyah peluang UIM untuk melakukan penelitian sangat terbuka lebar melihat tujuh besar data penelitian terakhir temanya soal Islam dan sosial humaniora yang menjadi basis keunggulan dari UIM.

“Ada dua poin penting yang harus di perhatikan peneliti yakni seleksi admin dan seleksi substansi kalau dua ini diperhatikan maka pasti proposal penelitian akan sukses dikirim Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan,” urainya.■ yudi/fir