Agar Puasa Tetap Sehat Di Tengah Pandemi Covid-19

■ TIPS SEHAT: dr Wachyudi Muchsin SH MKes

UIM — Saat melaksanakan ibadah puasa, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah makanan yang dikonsumsi ketika sahur maupun buka puasa.

Sebagai hal yang penting maka pemilihan makanan yang baik untuk dikonsumsi ketika buka puasa di antaranya mesti mengonsumsi makanan penghasil energi yang baik terlebih dahulu. Misalnya saja, kurma dan buah-buahan segar lainnya.

Setelah itu, Anda boleh mengonsumsi makanan utama, seperti nasi, lauk pauk dan sayuran untuk mengisi energi dalam tubuh.

Tak hanya itu, perhatikan pula pentingnya air putih saat buka puasa. Maka hindari konsumsi teh, kopi dam minuman yang bersoda. Sebab, dapat mengakibatkan efek duretik dan cepat haus. Minumlah air putih minimal 8 gelas saat berbuka puasa dan sebelum tidur.

Menjaga kondisi tubuh ketika berpuasa teramat penting. Pemilihan makanan dan minuman yang baik, justru akan membuat badan tetap sehat dalam menjalankan aktifitas di bulan puasa. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 harus tetap sehat. Maka hindari dulu minuman es berlebihan agar tidak batuk atau demam yang juga merupakan gejala mirip Covid-19.

Prinsipnya makanan dan minuman yang tepat saat puasa tidak membuat kita dehidrasi dan kelaparan serta tidak menggangu pencernaan kita dan saat taraweh di masjid tetap protap kesehatan ketat seperti memakai masker, menjaga jarak dan sediakan sabun di tempat wudhu.■ fir

*) Kabag Humas & Kerjasama UIM, dan Humas Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Makassar itu.