UIM-Pemkot Parepare Jajaki Kerjasama

UIM News — Rektor Universitas Islam Makassar (UIM) DR Ir Hj A Majdah M Zain MSi diwakili Wakil Rektor I UIM Prof DR Arfin Hamid SH MH bertemu Sekretaris Kota Parepare H Iwan Asa’ad MSi, Rabu (7/4/2021).

Dalam pertemuan tersebut dijajaki kerjasama antara UIM dan Pemkot Parepare dengan menggandeng media Harian Pare Pos (Group Fajar).

“Kolaborasi pemerintah dan perguruan tinggi sangat penting,” kata Prof Arifin Hamid

Menurutnya UIM sudah banyak memberikan kontribusi terhadap pencerdasan generasi muda dan terbuka bagi siapa saja yang ingin menjadi mahasiswa maupun mitra. Kata dia, UIM saat ini masuk sebagai Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (PTNU) predikat terbaik 5 nasional yang telah dirancang dengan sistem kuliah terbuka.

“Mahasiswa UIM dipersiapkan sekitar 30 persen berinteraksi dengan masyarakat, misalnya magang pada dunia pers, perusahaan industri ataupun institusi keagamaan seperti Muhamadiyah, NU maupun pesantren. Inilah yang disebut dengan merdeka kampus (merdeka belajar), yang mendekatkan dunia usaha dan industri ke kampus,” katanya

Kunjungan tersebut merupakan rangkaian kegiatan promosi penerimaan mahasiswa baru 2021 UIM se-Ajatappareng dan Sulbar dilakukan langsung Rektor UIM didampingi jajaran pimpinan UIM.

Hadir diantaranya Wakil Rektor I Prof DR Arfin SH MH, Wakil Rektor III DR H Nurdin Tajry MH, Wakil Rektor IV DR Ruslan Wahab MA dan Kabag Humas dan Kerjasama Dr Wachyudi Muchsin SH MKes

Sementara Kabag Humas dan Kerjasama Dr Wachyudi Muchsin mengatakan, untuk tahun ini UIM, menargetkan menerima 1.500 sampai 2.000 mahasiswa baru. Dan menawarkan sejumlah kemudahan diantaranya, bebas test masuk untuk calon maba yang merupakan pengurus Osis SMA/SMK/MA.

Bebas tes masuk juga kata Wahyudi berlaku bagi calon maba dengan nilai rapor semester rata-rata 65, pernah juara MTQ, seni budaya, olahraga, dan berprestasi di akademik dan non akademik.

UIM saat ini lanjut dia membina 9 fakultas. Mulai dari Fakultas MIPA, Fakultas Teknik, Fakultad Agama Islam, Fakultas Pertanian, Fakultas Sospol, Fakultas Hukum, Fakultas Sastra dan Humaniora, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Keguruan, serta Fakultas Ilmu Kesehatan, 32 program studi dan 1 pasca sarjana.

Selain bertemu, Sekda Parepare, rombongan rektor UIM pun bersua dengan Direktur Harian Parepos, H Mappiar HS sebelum akhirnya menghadiri bincang santai terkait Covid-19 dengan pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kota Parepare yang dihadiri langsung oleh Sekda dan Kapolres serta tokoh masyarakat.

Sekda Kota Parepare Iwan Asa’ad mengaku sangat terbuka. Kata Iwan, Parepare di bawa Walikota Parepare DR HM Taufan Pawe mengemas kebijakan yang dilandasi aspek akademis. “Parepare welcome terhadap kemungkinan kerjasama yang dilakukan, apalagi memang saat ini Bapak Walikota dalam mengemas sebuah kebijakan senantiasa dilandasi aspek akademis,” imbuhnya.■ fir