Gelar Kuliah Pakar, Cara FKIP UIM Tingkatkan Mutu dan Kualitas

UIM News — Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Makassar (FKIP UIM) menyelenggarakan kuliah pakar secara online, Selasa (9/3/2021) melalui aplikasi zoom, live di medsos FB dan Youtube.

Kegiatan seminar pakar ini diikuti oleh kurang lebih seribuan peserta yang berasal dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.

Kuliah pakar bertajuk “Inovasi Pembelajaran di Masa Pandemi (Kajian Cara Malaysia Menghadapi Perubahan)” salah satu upaya civitas akademika FKIP UIM untuk melaksanakan tri dharma sesuai indikator kinerja utama (IKU) perguruan tinggi minimal untuk memenuhi IKU 1 tentang kesiapan kerja lulusan dan IKU 7 tentang Pembelajaran kelas.

Rektor UIM Dr Ir Hj A Majdah M Zain MSi dalam sambutanya mengaku sangat mengapresiasi kuliah pakar yang dilaksanakan oleh FKIP UIM dan berharap fakultas lain di UIM juga termotivasi melaksanakan kegiatan serula.

“Sejauh ini saya sangat bangga dan mengapresiasi berbagai kegiatan, terobosan dan capaian yang telah diraih oleh FKIP dan berharap ke depan FKIP UIM tetap mengembangkan diri untuk memberikan kontribusi untuk memajukan mutu dan kualitas pendidikan di Indonesia serta menjadikan UIM sebagai kampus terkemuka di kawasan timur Indonesia,” ujarnya.

Majdah sangat berharap ke depan FKIP UIM bisa lebih banyak lagi prestasi yang akan diperoleh.

Dekan FKIP UIM Badruddin Kaddas MAg PhD dalam sambutannya mengemukakan pandemi Covid-19 telah mengubah banyak hal dalam tatanan kehidupan manusia. Aktivitas sehari-hari yang biasa dilakukan di luar rumah, kini semua terpusat di rumah.

“Kondisi tersebut ikut dirasakan oleh FKIP UIM, tetapi berkat pembelajaran sebelum pandemi telah mengkolaborasikan pembelajaran daring dan luring sehingga saat pandemi covid 19 FKIP UIM mampu melakukan pembelajaran yang adaptif dan fleksibel sehingga dapat meyesuaikan diri dengan perkembangan zaman,” urainya.

Pemateri dalam kuliah pakar ini dihadirkan Dr Ahmad Zaharuddin Sani Ahmad Sabri yang merupakan Pensyarah Kanan School of Languanges, Civilization and Philosophy Universiti Utara Malaysia.

Dalam materinya dipaparkan beberapa inovasi pendidikan di masa pandemi covid, yaitu dari merubah paradigma dari biasa menjadi pengajar luar biasa. Kedua, para guru/pengajar didorong meningkatkan kemampuan literasi digital.

Para guru/pengajar juga difasilitasi untuk paham menggunaka aplikasi, media dan bahan ajar online, menggunakan strategi/metode/pendekatan/model pembelajaran yang sesuai kebutuhan dan menyenangkan, hingga menggunakan media pembelajaran.

Turut hadir dalam acara kuliah pakar tersebut Wakil Rektor I Universitas Islam Makassar Prof. Dr. Arifin Hamid, M.H, Wakil Rektor II Dr. Lasumange, M.SI, Wakil Rektor III Dr.H. Nurdin Tajri, M.H, Wakil Rektor IV Dr. KH. Ruslam, Beberapa Dekan/Direktur, Kepala Lembaga/Biro, Wakil Dekan dan Ketua Prodi lingkup Universitas Islam Makassar.■