Ketua Lembaga Aswaja UIM Pimpin AMHI Sulsel

UIMsmart News — Ketua Lembaga Pengkajian Aswaja Universitas Islam Makassar (UIM) H Maskur Yusuf dilantik sebagai Ketua Angkatan Muda Haji Indonesia (AMHI) Sulsel.

Pelantikan pengurus AMHI Sulsel periode 2021-2026 oleh Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Prof DR Ir HM Nurdin Abdullah diwakili Wakil Ketua IPHI Sulsel DR H Abubakar Wasahua di Hotel Horison, Makassar, Kamis (14/1/2021).

“Yang akan dilakukan AMHI Sulsel yakni membina ummat Islam agat bisa naik haji dan yang telah berhaji dipertahankan ke mabrur-nya,” jelas Imam Masjid Al Markaz Makassar tersebut.

AMHI merupakan organisasi otonom dan sayap dari IPHI. Pengurus AMHI Sulsel didominasi oleh para pemilik travel haji dan umrah. Pada kesempatan tersebut hadir mewakili gubernur Sulsel Kabiro Kesra Suherman MM, Kakanwil Depag Sulsel diwakili H Rappe yang juga merupakan Sekwil IPHI Sulsel.

Secara nasional AMHI sudah terakui namun di tingkat wilayah belum merata pembentukannya. “Untuk itu AMHI Sulsel harus menjadi inspirasi bagi pembentukan AMHI di wilayah lain,” harap Abubakar.

Abubakar yang juga Ketua Parmusi Sulsel itu menitipkan tiga harapan bagi AMHI Sulsel, pertama akan membantu IPHI sebagai organisasi kebajikan independen yang memiliki kekuatan.

“Agar kuat dan tidak sakit-sakitan jurusnya dengan cara silaturahmi di antara kita, sehingga lahir pemikiran cerdas untuk tanggungjawab keummatan,” jelasnya.

AMHI Sulsel juga harus memiliki pengurus yang memiliki integritas keummatan, moralitas dan kapabilitas yang unggul. “Yang ketiga agar AMHI Sulsel melaksanaan program yang cerdas yang sesuai kebutuhan ummat dilandasi integritas,” tegasnya.

Senada dengan itu, Nurdin Abdullah juga berharap agar AMHI visioner terutama membantu pemprov mengatasi daftar tunggu haji di Sulsel.■ fir