Membanggakan, Wisudawan Terbaik UIM Direbut Anak Tukang Becak dan Petani

Wisudawan terbaik dari Pascasarjana UIM Muh Ali Holle merupakan anak tukang becak, Yusuf Holle dari Kota Masohi Maluku Tengah.

UIMsmart News — Wisudawan berprestasi dengan nilai IPK tertinggi pada Wisuda Sarjana Universitas Islam Makassar (UIM), Gelombang II tahun 2020, diraih oleh mahasiswa yang orangtuanya berprofesi sebagai petani dan wiraswasta. Satu di antaranya anak tukang becak.

“Ini luar biasa dan membanggakan, sekaligus mengharukan kami. Hal ini juga menunjukan UIM telah menjadi wadah berkembangnya potensi-potensi terbaik meski berlatar belakang dari kampung dan anak petani,” ujar Rektor UIM DR Ir Hj A Majdah M Zain MSi.

Dari 10 wisudawan terbaik, 4 wisudawan berprestasi orangtuanya petani, 5 lainnya orangtuanya wiraswasta dan wisudawan terbaik dari Pascasarjana Muh Ali Holle merupakan anak tukang becak, Yusuf Holle dari Kota Masohi Maluku Tengah.

Wisudawan berprestasi sarjana, profesi dan pascasarjana periode II tahun 2020 UIM masing-masing Muh Ali Holle dengan IPK 3,94 dari Pascasarjana Manajemen Pendidikan Islam, Rezky Amalia IPK 3,94 dari Prodi Ners.

Resky Amalia PK 3,74 dari Keperawatan, Suani Lamasano IPK 3,85 dari Pendidikan Agama Islam, Rismawati IPK 3,75 dari Sastra Inggris, Siti Chusnul Chatimah 3,80 dari Agribisnis, dan Syamsiana IPK 3,94 dari Administrasi Bisnis, Wiwi Febrianti Kubba IPK 3.79 dari Farmasi, Ayu Anggraeni 3,97 dari PGSD, dan Ayu Septiani IPK 3.87 dari Teknik Industri

Majdah menguraikan pada 2019 untuk bidang kemahasiswaan berdasarkan pemeringkatan yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui program SIMKATMAWA, UIM memperoleh nilai 0.091.

“Alhamdulillah pada tahun 2020 ini melalui kerja keras dari bidang kemahasiswaan memperoleh nilai 5.95 dan akan terus diupayakan melalui maksimalisasi pengembangan potensi kemahasiswaan melalui pembinaan Unit Kegiatan Kemahasiswaan (UKM), Senat, Himpunan Mahasiswa) dan wadah lain yang berkaitan langsung dengan bidang kemahasiswaan.

Untuk bidang kemahasiswaan tambahnya, beberapa prestasi yang diraih sepanjang 2019-2020 ini baik kegiatan dikti maupun non dikti diantaranya Juara II Pemilihan MAhasiswa Berprestasi kopertis wil IX 

Mahasiswa UIM juga berhasil menjadi Finalis Olimpiade (ON MIPA-PT) bidang Kimia tingkat Nasional, Juara I Tafsif Bahasa Arab 30 Juz pada STQ tingkat NAsional di Kalimantan Barat Pontianak tahun 2019

Menjadi Finalis Karya Tulis Ilmiah Kandungan al -Quran pada MTQMN di Universitas Syeh Kuala, Aceh, tahun 2019 dan Finalis Musabaqah Debat Ilmiah Kandungan al –Quran pada MTQMN di Universitas Syeh Kuala, Aceh, tahun 2019

“Anak-anak kita juga merupakan Juara II Hifzil Quran 10 Juz pada POSKI se Kopertais WIl VIII, Sulawesi, Maluku dan Papua tahun 2019, Juara II Pencat Silat dan Juara II Bulutangkis pada POSKI se Kopertais WIl VIII, Sulawesi, Maluku dan Papua tahun 2019,” urai Majdah.

Berhasil mencatatkan pula prestasi sebagai Juara I Tafsif Bahasa Arab 30 Juz pada STQ tingkat NAsional di Kalimantan Barat Pontianak tahun 2019, Juara II Pemilihan Duta Bahasa tingkat Provinsi Sulawesi Selatan, Juara I Kategori Syahril Qur’an, juara I kategori Hifdzil qur’an 10 Juz putra, dan juara 6 cabang hifdzil Qur’a 10 Juz putri pada MTQ yang dilaksanakan di Kabupaten Pangkep.

Sedangkan mahasiswa atas nama Ilham Yapti, Finalis Yudo Word Campion Cup di Jepang tahun 2019 dan Ahmad Syarif, Nara Sumber pada peringatan Hari Guru Internasional di Jakarta   tahun 2019

Hingga mahasiswa UIM membanggakan tampil pada Debat Bahasa Inggris yang dilaksanakan oleh LLDIKTI Tingkat Wilayah IX tahun 2019 dan Finalis Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020 mewakili LLDIKTI Wilayah IX.

Upaya peningkatan prestasi mahasiswa UIM  terus dilakukan dengan mengikutkan mahasiswa pada kegiatan-kegiatan, baik yang dilaksanakan oleh kemendikbud yang melalui pusat prestasi mahasiswa, maupun kegiatan-kegiatan lain seperti pendampingan PkM, pelatihan-pelatihan, seminar, workshop wirausaha.■ fir