Sistem dan Kualitas Akademik UIM Terus Meningkat

■ Kampus Qurani Kampus Aswaja Saat Ini (2)

UIMsmart — Universitas Islam Makassar sebagai perguruan tinggi Islam di Indonesia melalui Surat Keputusan dari Badan Akreditasi Nasional Perguran Tinggi (BAN-PT) Nomor: 150/SK/BAN-PT/Akred/PT/IV/2015 tanggal 10 April 2015, UIM telah berhasil mendapatkan Akreditasi Institusi dengan NIlai B, capaian ini tidak lepas dari kerja keras dan partisipasi seluruh sivitas akademika. 

Dengan predikat ini maka UIM senantiasa berbenah diri. Di tengah pengembangan SDM dan infrastruktur secara parsial UIM mampu meningkatkan kapasitas sumber daya dan kualitas lulusan serta daya serap alumni sebagai indikator meningkatnya kualitas manajemen pengelolaan institusi, terutama menghadapi era industry 4.0.

Hikmah dari pengembangan sumber daya secara parsial ini menghasilkan perubahan dari waktu ke waktu yang signifikan dan berkelanjutan pada berbagai bidang:

BIDANG AKADEMIK

Sejak berdirinya hingga saat ini membina 9 fakultas dan Program Pascasarjana, yaitu: Fakultas Pertanian, Agama Islam, Teknik, Sastra & Humaniora, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Ilmu Kesehatan, Keguruan & Ilmu Pendidikan, Fakultas Hukum dengan 24 Program Studi Sarjana (S1), 3 Program Studi Magister (S2), dan 1 (satu) program Profesi.

Kemudian pada tiga tahun terakhir melalui tim pembentukan Fakultas telah diusulkan melalui Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia yakni Fakultas Kedokteran & Ilmu Kesehatan, semoga dengan adanya dekan baru FKIP tahun depan cita-cita dari seluruh sivitas akademika UIM, fakultas tersebut segera keluar izin operasional.

Pada tahun ajaran 2019-2020 bertambah prodi baru yakni prodi perpustakaan, prodi Teknik sipil, dan prodi kehutanan, Sehingga sampai saat ini UIM mebina 29 prodi, semoga dengan bertambahnya prodi baru kuantitas dan kualitas UIM semakin meningkat.

Universitas Islam Makassar, dalam pelaksanaan pendidikan dan pengajaran telah mengacu pada kurikulum berbasis pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), secara umum telah menunjukkan kemajuan yang signifikan dibandingkan dengan perkembangan tahun-tahun sebelumnya. Peningkatan kualitas pengelolaan tersebut ditandai dengan hampir seluruh program studi memiliki nilai akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.

 Perolehan akreditasi B secara institusi dan peningkatan pada seluruh program studi yang dikelola tidak terlepas dari upaya-upaya pengembangan lainnya, mendasar diantaranya:

1. Penguatan Sistem Pembelajaran. Penataan system pembelajaran yang terprogram, terukur dan efektif secara menyeluruh disemua fakultas dan prodi; serta Menerapkan system monitoring dan evaluasi pembelajaran secara online;

2. Pembinaan dan Pengembangan Sumber Daya Fungsional khususnya Meningkatkan kualitas peneliti setiap SDM;

3. Penguatan Sistem Administrasi Akademik

4. Memanfaatkan peran dan fungsi staf kependidikan melalui Standar Operasional Prosedur (SOP);

5. Mengupayakan pelayanan administrasi akademik secara online;

6. Peningkatan Akreditasi, Kapasitas dan Pengembangan Prodi

7. Melakukan pembinaan penigkatan status akreditasi melalui pendampingan dan pembimbingan menuju akreditasi A untuk semua prodi.

8. Peningkatan Mutu Kuliah

9. Mempersiapkan sistem pembelajaran berbasis online pada semua prodi;

10. Peningkatan kemampuan dan inovasi mahasiswa.

BIDANG PENELITIAN DAN PENGABDIAN

Sejak berdirinya hingga saat ini, LP2M UIM senantiasa aktif mengikuti berbagai kegiatan, baik kegiatan penelitian maupun kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan tersebut rutin dilaksanakan setiap tahunnya dengan melibatkan mahasiswa, dosen, bekerjasama dengan kementrian terkait, stakeholder, SKPD provinsi dan daerah serta masyarakat.

Dengan usaha tersebut Alhamdulillah Klaster Penelitian UIM berstatus Madya. Ini merupakan suatu tantangan bagi para Dosen dan mahasiswa UIM untuk terus melakukan penelitian dan publikasi dosen dalam bentuk jurnal bereputasi serta memperbanyak   pengiriman   penelitian kompetisi hibah di Kemenristek DIKTI sehingga bias mencapai klaster utama bahkan Mandiri.

Untuk tahun ini, LP2M UIM di percaya oleh Kementerian Desa dan Transmigrasi untuk menyelenggarakan program KKN Tematik di Daerah Transmigrasi Kabupaten Luwu Timur sebagai salah satu PTS penyelenggara KKN Tematik demikian pula Kementeriaan Sosial RI dengan KKN Desa Sejahterah Mandiri dan terakhir dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Pangkep untuk program Universitas Membangun Desa melalui KKN Tematik.

Pembinaan LP2M tidak terbatas hanya pada dosen, LP2M UIM juga membina mahasiswa untuk mengikuti kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Dari beberapa skim PKM yang diusulkan, pada tahun 2019 tercatat 2 judul PKM yang berhasil diraih mahasiswa UIM.  

Diharapkan dosen yang lain tetap memacu diri untuk terus melakukan penelitian dan   pengabdian sebagai kewajiban dosen selain pengajaran.■ fir/bersambung

*) Dari pidato Rektor UIM Dr Ir Hj A Majdah M Zain MSi pada Wisuda Gel 1 Tahun 2020