Wisuda Daring, Sejarah dan Gerak Maju UIM

Kampus Qurani Kampus Aswaja Saat Ini (1)

UIMsmart — Pada hari yang berbahagia ini, kita berada di Auditorium Muhiddin Zain Universitas Islam Makassar untuk mengikuti Rapat Senat Terbuka Luar Biasa dalam rangka Wisuda Sarjana/Profesi dan Pascasarjana Periode XXX Gelombang I Tahun 2020. 

Wisuda kali ini merupakan wisuda yang berbeda dengan wisuda sebelumnya. Dengan adanya pandemic covid 19 sehingga mengharuskan kita melaksanakan wisuda virtual. Ini menandakan bahwa UIM senantia bergerak dan maju terus mengikuti perkembangan jaman. 

Oleh karena itu perkenankan saya atas nama pribadi maupun institusi UIM dengan penuh rasa bangga, pada hari ini Sabtu 5 September 2020 Masehi bertepatan dengan 17Muhharam 1442 Hijriah, UIM kembali berhasil mencetak 266 sarjana yang terdiri dari program S1 dan S2 serta profesi. 

Tentunya ini menjadi bukti atas keberhasilan UIM dalam membina dan mendidik mahasiswa menjadi insan yang berguna bagi masyarakat, bangsa, dan Negara.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, perkenankanlah saya atas nama Rektor, menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu demi kemajuan UIM, terkhusus kepada para orangtua yang telah memberikan kepercayaan kepada kami untuk membina anak-anaknya di kampus ini, dan kerjasama dari seluruh sivitas akademika UIM yang telah menjalankan tugas dan amanah sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik.

Wisuda sarjana/profesi, dan pascasarjanakali ini merupakan toggak sejarah baru bagi UIM dimana pelaksanaan Wisuda Sarjana, Profesi dan Pascasarjana dilakukan secara daring. Pelaksanaan Wisuda ini mestinya para anak-anakku wisudawan dan wisudawati hadir bersama dalam suatu ruangan untuk merayakan upacara yang sakral ini, namun tanpa mengurangi kesakralannya dengan adanya tekhnologi dan kerja keras panitia sehingga semuanya dapat terlaksana. 

Hal yang tak kalah pentingnya yang mengharuskan pelaksanaan wisuda dalam situasi pandemic covid 19 ini secara virtual, karena dalam dunia akademik Perguruan Tinggi wisuda merupakan tradisi akademik dari siklus yang harus dilalui.   

Selain itu penyelenggaraan wisuda menjadi ukuran kualitas dari suatu perguruan tinggi dan UIM senantiasa berusaha memberikan kualitas dan melahirkan mahasiswa yang selesai tepat waktu serta siap bersaing dalam dunia kerja.  Dengan demikian tentunya menjadi tahap awal bagi para alumni untuk terjun ke masyarakat sebagai University of life guna mengaplikasikan ilmu yang mereka dapatkan selama menuntut ilmu di Universitas Islam Makassar.■ fir/bersambung

*) Dari pidato Rektor UIM pada Wisuda Gel 1 Tahun 2020