Pacu Kualitas Dosen dan Layanan, Wujudkan Kampus UIM Ikon Baru Makassar 

■ Kampus Qurani Kampus Aswaja Saat Ini (3)

UIMsmart — Sumber daya manusia merupakan salah satu unsur terpenting dalam penyelenggaraan perguruan tinggi yakni Universitas Islam Makassar. Oleh karena itu pimpinan Universitas Islam Makassar senantiasa mendorong pelaksanaan program peningkatan kualitas tenaga dosen dan tenaga administrasi.

Upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia secara berkelanjutan dilakukan melalui studi lanjut strata dua (S2) dan Doktoral (S3) serta kegiatan Workshop/pelatihan baik yang dilaksanakan di dalam maupun diluar institusi. Sementara ini tercatat 56 orang dengan Strata Pendidikan Doktor, 274 orang dan Guru Besar 3 Orang.

Saat ini tercatat 6 orang telah menyelesaikan studi pendidikan Doktoral dan 15 orang dalam tahap penyelesaian dan 14 orang masih proses pendidikan Doctoral (S3). Bagi dosen yang telah menyelesaikan menyelesaikan studi pendidikan Doktoral akan kami beri penghargaan pada setiap prosesi wisuda seperti ini.

Sarana Dan Prasarana

Sejalan dengan komitmen Universitas bersama pengurus yayasan PT Al Gazali dan PW NU Sulsel (Trimatra) untuk menerapkan lingkungan pembelajaran yang lebih berkualitas, dimana berbagai fasilitas telah diadakan. 

Alhamdulillah telah berdiri megah dan nampak Pembangunan tahap I yakni Gedung Rektorat, Perpustakaan, Plaza, Gedung Serbaguna, dan masjid yang merupakan satu kesatuan yang terintegrasi dan Insya Allah dalam waktu dekat akan rampung. Selanjutnya tahap 2 pembangunan menara UIM 20 lantai doakan insya Allah menyusul. 

Untuk itu kami atas nama keluarga besar civitas akademika UIM menyampaikan apresiasi dan ucapan terima yang setinggi– tingginya kepada pemerintah baik pemerintah pusat, dan pemerintah provinsi Sulawesi selatan maupun investasi pengembangan UIM yang bekerjasama dengan Bank Mega Syariah untuk dapat menciptakan lingkungan kampus Qur’ani yang lebih nyaman bagi civitas akademika dalam menjalankan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Dalam mendukung kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi dalam pencapaian visi dan misi, maka UIM dalam peningkatan kapasitas mempunyai strategi pendanaan kreatif dan inovatif melalui kerjasama dengan industri, Bank, pengadaan koperasi, Air Aqua, klinik, apotek dan rumah sakit pendidikan. Program ini dilaksanakan dalam rangka UIM menuju Socio-entrepreneur univercity berbasis Aswaja An-Nahdliyah.

Kelembagaan

Dalam usia yang ke 54 tahun, UIM melakukan perubahan yang signifikan dari waktu ke waktu serta semakin eksis dalam membenahi diri sebagai salah satu perguruan tinggi yang  berkualitas, terkemuka, dan diminati  masyarakat serta berorientasi pada kepentingan bangsa. 

Sebagai lembaga bernaung di bawah Nahdlatul Ulama maka UIM memiliki lembaga Kajian Aswaja untuk memberikan pembekalan dan pembinaan kepada mahasiswa dan dosen tentang materi dan kegiatan yang berbasis ahlusunnah waljamaan an-nahdliyah.■ fir/bersambung

*) Dari pidato Rektor UIM Dr Ir Hj A Majdah M Zain MSi pada Wisuda Gel 1 Tahun 2020