Mahasiswa UIM Semakin Bertabur Prestasi

■ Kampus Qurani Kampus Aswaja Saat Ini (4)

UIMsmart News — Bidang kemahasiswaan memiliki tanggung jawab yang besar terhadap mahasiswa, baik pada aspek penalaran keilmuan, seni, pengembangan skill mahasiswa yang diwujudkan dalam berbagai macam kegiatan-kegiatan kemahasiswaan baik skala lokal, regional dan international, dikti maupun non dikti. 

Pada tahun 2019 untuk bidang kemahasiswaan UIM berdasarkan pemeringkatan yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui program SIMKATMAWA UIM memperoleh nilai 0.091, dan Alhamdulillah pada tahun 2020 ini melalui kerja keras dari bidang kemahasiswaan memperoleh nilai 5.95.

Dan akan terus diupayakan melalui maksimalisasi pengembangan potensi kemahasiswaan melalui pembinaan Unit Kegiatan Kemahasiswaan (UKM), Senat, Himpunan Mahasiswa) dan wadah lain yang berkaitan langsung dengan biang kemahasiswaan.

Untuk bidang kemahasiswaan UIM beberapa prestasi yang diraih sepanjang tahun 2019-2020 ini baik kegiatan dikti maupun non dikti diantaranya:

1. Juara II Pemilihan MAhasiswa Berprestasi kopertis wil IX 

2. Finalis Olimpiade (ON MIPA-PT) bidang Kimia tingkat Nasional 

3. Juara I Tafsif Bahasa Arab 30 Juz pada STQ tingkat NAsional di Kalimantan Barat Pontianak tahun 2019

4. Finalis Karya Tulis Ilmiah Kandungan al -Quran pada MTQMN di Universitas Syeh Kuala, Aceh, tahun 2019

5. Finalis Musabaqah Debat Ilmiah Kandungan al –Quran pada MTQMN di Universitas Syeh Kuala, Aceh, tahun 2019

6. Juara II Hifzil Quran 10 Juz pada POSKI se Kopertais WIl VIII, Sulawesi, Maluku dan Papua tahun 2019

7. Juara II Pencat Silat dan Juara II Bulutangkis   pada POSKI se Kopertais WIl VIII, Sulawesi, Maluku dan Papua tahun 2019

8. Ilham Yapti, Finalis Yudo Word Campion Cup di Jepang tahun 2019

9. Ahmad Syarif, Nara Sumber pada peringatan Hari Guru Internasional di Jakarta   tahun 2019

10. Juara II Pemilihan Duta Bahasa tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.

11. Debat Bahasa Inggris yang dilaksanakan oleh LLDIKTI Tingkat Wilayah IX tahun 2019.

12. Finalis Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020 mewakili LLDIKTI Wilayah IX.

13. Juara I Kategori Syahril Qur’an, juara I kategori Hifdzil qur’an 10 Juz putra, dan juara 6 cabang hifdzil Qur’a 10 Juz putri pada MTQ yang dilaksanakan di Kabupaten Pangkep.

Peningkatan prestasi mahasiswa terus diupayakan dengan mengikutkan mahasiswa pada kegiatan-kegiatan, baik yang dilaksanakan oleh kemendikbud yang melalui pusat prestasi mahasiswa, maupun kegiatan-kegiatan lain seperti pendampingan PkM, pelatihan-pelatihan, seminar, workshop wirausaha. 

Beberapa tahun terakhir ini Rektor UIM dan jajarannya semakin yakin bahwa Universitas Islam Makassar salah satu Perguruan Tinggi dibelahan Timur Indonesia telah menjadi pilihan diantara sederetan Perguruan Tinggi (PTN, PTS) di Sulawesi Selatan dan mampu bersaing terbukti quota beasiswa untuk UIM dari tahun ke tahun terus meningkat, bukan saja dari jumlahnya penerimanya tetapi juga dari sumber pemberi beasiswa tersebut. Tentu hal ini bisa dicapai karena prestasi mahasiswa serta perhatian yang serius dari pihak-pihak yang memajukan pendidikan.■ fir/bersambung

*) Dari pidato Rektor UIM Dr Ir Hj A Majdah M Zain MSi pada Wisuda Gel 1 Tahun 2020