Agresif Menjalin Sinergi, Berkomitmen Lahirkan Alumni Berakhlak

■ Kampus Qurani Kampus Aswaja Saat Ini (5)

UIMsmart News — Bidang kerjasama dan pengembangan kampus Qurani sebelumnya bersatu namun karena tuntutan sehinga UIM pada proide ini memberikan penanganan secara terpisah yakni rektor IV bidang kampus Qurani dan Rektor V bidang kerjasama.

Ruang Lingkup Kerjasama di Universitas Islam Makassar didasarkan pada pengembangan dan peningkatan Tridharma Perguruan tinggi yang merupakan tiga pilar utama dalam pendidikan tinggi yang merujuk pada visi misi UIM.

Universitas Islam Makassar telah dan sedang mendayagunakan program-program kerjasama yang melibatkan partisipasi aktif semua unsur (program studi, LPPM, dan Program Pascasarjana) dan memanfaatkan serta meningkatkan sumber daya yang dimilikinya baik kulitas maupun kuantitasnya.

Universitas Islam Makassar saat ini menjalin dan mengembangkan kerjasama dengan berbagai lembaga (baik di dalam maupun luar negeri) yang berorientasi kegiatan, baik yang sifatnya Akademik maupun Non Akademik dengan dunia usaha atau pihak lain. Rektor UIM yakin mampu mewujudkan kerjasama itu dengan adanya wakil rektor yang membidangi kerjasama secara khusus. 

Sedangkan kampus Qurani yang menjadi icon UIM tentunya secara khusus melakukan berbagai kegiatan yang menunjang terciptanya kampus Qur’ani dengan menghidupkan tradisi-tradisi Ahlusunnah Wal Jama’ah An-Nahdliyah, dan kegiatan-kegiatan lain yang menunjukkan komitmen UIM melahirkan luaran yang berakhlakul karimah sebagaimana yang diwariskan oleh Nabi Muhammad Saw.

Implementasi manajemen perguruan tinggi yang di kembangkan di Universitas Islam Makassar mengacu pada 

1). Sistem pemenuhan kebutuhan customer internal dan eksternal, 

2). Pemenuhan kepuasan stakeholders 

3). Standar kualitas Iuran, 

4). Benchmarking, dan 

5). Adanya Team dan Team Work dalam pengembangan Universitas, sehingga selalu terbangun adanya konsolidasi ideal, struktural dan personal. 

Bidang ideal yaitu berupa pembentukan tekad, wawasan dan kesepakatan secara terpadu akan makna Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (PTNU) sebagai lembaga pendidikan tinggi dan amal usaha NU. Ini sangat menentukan terhadap sistem maupun cara-cara pengelolaan dan penegmbangan masa depan, yaitu Profesionalisme.Bidang struktural, yaitu berupa penyederhanaan organisasi.■ fir/habis

*) Dari pidato Rektor UIM Dr Ir Hj A Majdah M Zain MSi pada Wisuda Gel 1 Tahun 2020