UIM Lima Besar Terbaik PTS Klaster 4 se-Sulawesi

■ Peringkat Nasional Alami Peningkatan Signifikan

UIMsmart — Universitas Islam Makassar (UIM) masuk peringkat lima besar terbaik pada klaster 4 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) se-Sulawesi.

Peringkat terbaru UIM ini terungkap dari rekap data klaster/peringkat PTS se-Sulawesi yang dirilis Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) IX, pekan ini.

Terungkap pula, peringkat UIM secara nasional mengalami perbaikan yang signifikan. Pada 2019 lalu hanya berada di peringkat 417 namun tahun ini meningkat di peringkat 208.

“Insya Allah tahun depan kita (UIM) target 100 besar nasional. Terima kasih atas kerja keras semua pimpinan, dosen dan staf UIM tanpa kecuali, semoga bernilai pahala di sisi Allah,” ujar Rektor UIM Dr Ir Hj A Majdah M Zain MSi di Makassar, Rabu (19/8/2020).

Klasterisasi peringkat PTS mengacu pada sejumlah indikator yang dikelompokkan pada input, proses, output dan outcome dari kegiatan akademik, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Pembangunan besar-besaran infrastruktur kampus UIM yang baru hingga pembenahan sistem layanan melalui program Smart Campus sedikit mengalihkan perhatian.

Banyak data yang tidak terupdate sehingga mempengaruhi, misalnya jumlah dosen dan stratanya, maupun data prestasi mahasiswa dan kerjasama UIM, jumlahnya tak sesuai di pangkalan data Dikti.

“Insyallah kita benahi seiring telah selesainya pembenahan sistem IT maupun proses pembangunan kampus baru UIM yang hampir selesai. Yang penting disiapkan dari sekarang, terutama pada 4 indikator pemeringkatan,” jelas Majdah.

Peringkat kelima UIM pada PTS klaster 4 se-Sulawesi ini menunjukan pula UIM mengungguli ratusan PTS lain dari aspek kualitas dan kuantitas kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi-nya.■ fir