WR III UIM Beri Solusi Penanganan Konflik Sosial di Sulsel pada Rapat Koordinasi Tim Terpadu

UIM News – Wakil Rektor III Universitas Islam Makassar (UIM) Dr H Nurdin Tajry SH MH memberikan usulan solusi penyelesaian konflik sosial di Sulsel dengan pendekatan Islam wasatiyah pada rapat Tim Terpadu Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (KESBANGPOL) Provinsi Sulawesi Selatan di Royal Bay hotel, Jl. Sultan Hasanuddin No. 24 Makassar, pada Selasa (9/11/2021).

Rapat koordinasi ini dihadiri oleh Karo OPS POLDA Sulsel, Kombes Pol Adeni Muhan Daeng Pabali, mewakili Kapolda Sulsel, BIN Daerah Sulsel, Kanwil Kementerian Agama Sulsel, Kantor Wilayah BPN Sulsel, BNN Sulsel, Biro Hukum Setda Sulsel, Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura, dan Perkebunan Sulsel, Dinas Kehutanan Sulsel, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sulsel.

Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup Sulsel, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Sulsel, Dinas Kesehatan Sulsel, Dinas Sosial Sulsel, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sulsel, Badan Keuangan dan Asset Daerah Sulsel serta sejumlah Wakil Rektor 3 perguruan tinggi negeri dan swasta.

Menurut Nurdin di sela rapat tersebut, jika masyarakat diberi pemahaman bagaimana aqidah dan akhlak Islam pertengahan (wasatiyah) maka tidak akan ada fanatik kesukuan maupun komunitas dan ego kedaerahan yang umumnya menjadi pemicu konflik.

Dalam sambutannya, Dr. Asriady Sulaiman, S.IP., M.Si, Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Sulsel mengatakan bahwa konflik sosial harus ada pencegahan dini. Dr. Asriady Sulaiman juga berharap lahir keputusan dari rapat koordinasi ini sebagai sumber penyelesaian konflik sosial yang terjadi di masyarakat.

Dalam pemaparannya, Karo OPS POLDA Sulsel, Kombes Pol Adeni Muhan Daeng Pabali menegaskan bahwa kalau tidak dikelolah dengan baik, konflik akan berdampak besar, seperti ekonomi akan terganggu.

Sebagai upaya pencegahan konflik, perlu koordinasi dengan semua elemen masyarakat seperti tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pendidkkan, dan lain-lain, ujarnya. Kombes Pol Adeni Muhan menambahkan peran dan kontribusi kita berupa komunikasi dan koordinasi untuk penanganan konflik sangat diperlukan.■

nomortogelku.xyz