Walikota Makassar : Kampus UIM Berskala Dunia. Hadir di Teknik Expo 2021 UIM

UIM News — Walikota Makassar Muh Ramdhan “Dany” Pomanto mengapresiasi dan mengagumi kampus baru Universitas Islam Makassar (UIM), menyebutnya kampus UIM berskala dunia.

“Arsitektur kampus UIM sudah berskala dunia. Proporsi desainnya sangat pas. Ini menjadi kebanggaan bersama Makassar,” ujar arsitek yang mendesain revitalisasi Pantai Losari maupun Masjid Raya Makassar tersebut.

Dany Pomanto mengungkapkan hal tersebut saat hadir pada kegiatan Teknik Expo 2021 UIM di auditorium KH Muhyiddin Zain UIM, Kamis (5/7/2021).

Walikota dijadwalkan memberi Kuliah Umum namun karena masih dalam pembatasan PPKM level 4 maka hanya menyampaikan sambutan memotivasi mahasiswa Fakultas Teknik UIM.

Dalam motivasinya, Dany menuturkan, Bugis Makassar memiliki kecerdasan yang menjadi kearifan lokal yang sepatutnya diangkat dan menjadi potensi bagi pengembangan daerah.

“Melalui “Makassar Sombere Smart City” hal tersebut kami implementasikan dan rupanya diakui sebagai konsepsi society 5.0 yang dibanggakan Jepang saat ini,” urainya.

Rektor UIM DR Ir Hj A Majdah M Zain MSi pada kesempatan yang sama menyampaikan terima kasih kepada Walikota Makassar yang telah memberikan apresiasi kepada UIM.

“Simpan-simpan ki dulu pemaknaan ta tentang desain kampus UIM pak wali. Moga di kuliah umum mendatang kita bisa dengarkan bersama,” ujarnya.

Majdah menyampaikan penghargaan kepada walikota karena menyempatkan hadir pada kegiatan Teknik Expo 2021 UIM. “Kegiatan ini telah terselenggara baik dari webinar nasional maupun konteks robotik,” ujarnya.

Dekan Fakultas Teknik UIM DR Ir Suradi ST MT menjelaskan Teknik Expo adalah kegiatan tahunan mahasiswa FT UIM. Untuk tahun ini Teknik Expo diselenggarakan berbagai aktifitas seperti pameran, seminar nasional, lomba drone, robotic kontes, enggine tune up, dan pameran hasil karya mahasiswa.

“Insya Allah setelah pandemi berlalu kami akan melaksanakan Teknik Expo tahun depan di plataran Pantai Losari. Semoga pak wali terus memberikan dukungan bagi mahasiswa kami untuk terus berinovasi untuk menjadi bagian membangun kualitas pendidikan di Makassar khususnya dan Sulsel umumnya.

Ketua Umum PDKTI (Perkumpulan Dosen Koperti Indonesia) itu menegaskan, FT UIM siap bekerja sama bersama Pemkot Makassar dalam mensukseskan Makassar Recovery dan membantu Makassar dalam penelitian dan pelatihan dengan aparatur SDM pemkot.

“Potensi FT UIM siap dimaksimalkan guna mewujudkan Makassar sebagai kota cerdas. Smart city. Seperti pengembangan energi terbarukan salah satunya PLTS dan lainnya,” tambahnya.■ fir