UIM Telah Menjadi Kebanggaan Sulsel

Oleh : Andi Sudirman Sulaiman ST, Plt Gubernur Sulawesi Selatan

UIM News — Saya dan atas nama Pemprov Sulsel mengucapkan selamat mencapai usia ke-55 tahun bagi UIM. Semoga UIM dapat terus mengawal kemajuan pendidikan dengan mencetak para profesional yang diharapkan dapat memberi sumbangsih besar bagi kemajuan Sulsel.

UIM sebagai sebuah lembaga pendidikan tinggi hadir dengan semangat turut secara langsung dalam upaya mencerdaskan anak bangsa, telah berupaya meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan tinggi yang mampu mengasah dan mengasuh Intellectual Quotient, Emotional Quotient dan Spiritual Quotient untuk anak bangsa.

Tentu, sebagai bagian dari masyarakat akademik, UIM berperan penting dan berkontribusi besar bagi kemajuan dan pembangunan Sulsel, sebab untuk membangun Indonesia maju kita membutuhkan SDM yang unggul dan andal serta berkarakter dan saya yakin UIM dengan pembentukan karakter Our’ani akan terus membumikan nilai-nilai moral dan membentuk budi pekerti yang mengakar pada setiap diri civitas akademi UIM.

Alhamdulillah, jika kita melihat perkembangan kampus UIM sangat membanggakan, antara kualitas prasarana kampus dan kualitas akademik telah berbanding lurus. Kampus UIM telah menjadi ikon baru Makassar, sehingga tidak hanya menjadi kebanggaan Sulsel, tapi juga kebanggaan nasional.

Pemprov Sulsel berharap agar keberadaan gedung baru kampus UIM mampu menstimulus kualitas akademik, penelitian dan pengabdian pada masyarakat, sehingga UIM sebagai mitra pemerintah dapat berkontribusi lebih banyak utamanya dalam mencetak sumber daya manusia yang unggul dan berkarakter gur’ani.

Lebih dari satu tahun kita dilanda pandemi Covid-19, yang dampaknya sangat terasa di berbagai sektor yang menyebabkan ekonomi global termasuk Sulsel ikut terguncang. Kita bersyukur karena, sekali lagi sektor pertanian telah menjadi penyelamat perekonomian dan bahkan menjadi tumpuan terbesar perekonomian Sulsel.

Oleh karena itu, pada kesempatan yang baik ini, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Menteri Pertanian RI Bapak DR. H. Syahrul Yasin Limpo, SH.,M.Si.,MH. yang terus mensupport pembangunan pertanian di Sulsel, tentu hal ini akan mempercepat pemulihan ekonomi daerah.

Meski belum sepenuhnya keluar dari masa pandemi, Alhamdulillah, upaya Pemprov Sulsel dalam menekan laju penyebaran Covid-19 melalui berbagai intervensi dan kebijakan serta kolaborasi dan sinergi terus membuahkan hasil. Peta Zonasi Risiko Kab/Kota, per tanggal 31 Mei 2021, zona Orange (resiko sedang) tersisa 4 Kab/Kota dan zona Kuning (resiko rendah) 20 Kab/Kota.

Angka kesembuhan kita 97,8 %, angka kematian 1,5%, dan kasus aktif 0,6%. Pencapaian ini, tentu tidak terlepas dari kinerja Tim Satgas Penanganan Covid-19, yakni pemerintah bersama Forkopimda, TNI-Polri dan para relawan serta upaya kita dalam menjaga dan menerapkan protokol kesehatan. Maka dari itu, mari kita bersama-sama terus menjaga, dan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.■ fir

*) Disarikan dari pidato tertulis yang dibacakan Asisten Administrasi Pemprov Sulsel Tautoto Tanaranggina, saat Wisuda dan Dies Natalis UIM, Sabtu 5 Juni 2021