Mentan SYL Hadiri Dies Natalis UIM. Motivasi dan Hibur Wisudawan

UIM News — Menteri Pertanian (Mentan) DR H Syahrul Yasin Limpo MSi SH MH menghadiri Dies Natalis ke 55 dan wisuda sarjana/pascasarjana Universitas Islam Makassar (UIM) di auditorium KH Muhyiddin Zain, Sabtu (5/6/2021)

SYL yang diagendakan menyampaikan orasi ilmiah tentang kebijakan dan perkembangan pertanian nasional lebih banyak menyampaikan motivasi kepada wisudawan dengan menguraikan karakter dan kearifan Bugis Makassar.

“Generasi muda saat ini harus memiliki karakter yang kuat. Dan kita memiliki kekayaan karakter sebagai orang Bugis Makassar dan muslim yang telah tertanam dan diwariskan,” ujarnya dengan gaya khasnya berorasi selalu memicu aplaus.

Pada kesempatan pidatonya, gubernur Sulsel dua periode itu memastikan hanya sektor pertanian yang berkontribusi positif bagi pertumbuhan ekonomi nasional. Antara lain disumbang oleh kinerja ekspor komoditi pertanian yang tetap tumbuh.

Usai menutup orasinya, SYL memenuhi permintaan Rektor UIM DR Ir Hj A Majdah M Zain MSi menyumbangkan suaranya membawakan sebuah lagu dari group Slank yang disambut antusias wisudawan.

Suasana cair dan menghibur dalam wisuda yang menerapkan protokol kesehatan Covid19 itu juga karena diwarnai saling lempar pantun dari sejumlah tokoh dan penjabat yang menyampaikan pidatonya.

Dalam pidatonya, Majdah menyampaikan sejumlah perkembangan UIM yang terus menunjukan indikator dan kinerja yang membuat optimis menuju UIM sebagai perguruan tinggi terbaik dan berdaya saing.

“Perkembangan membanggakan mulai dari bidang akademik, sumber daya manusia, pengembangan infrastruktur, kemahasiswaan, alumni dan kami terus berusaha mengentalkan atmosfer kampus Qurani dan Aswaja sebagai ciri khas UIM,” ujarnya. Progres report lengkap perkembangan UIM simak diupdate artikel selanjutnya.

Hadir pula menyampaikan pidato pada wisuda 250 mahasiswa UIM itu Ketua Yayasan Al Gazali UIM Hj Fatimah Kalla,
Gubernur Sulsel diwakili Asisten Administrasi Pemprov Sulsel Tautoto Tanaranggina, Kepala Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Prof DR Jasruddin MSi dan Koordinator Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (Kopertais) wilayah VIII.

Dilaksanakan pula penandatanganan nota kesepahaman (MoU) kerjasama antara UIM dan sejumlah Dirjen di lingkup Kementerian Pertanian.■