Dekan FAI UIM Prof Najamuddin Rais Syuria NU Sulsel

UIM News — Dekan Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Islam Makassar (UIM) Prof DR AGH Najamuddin H Abd Shafa MA terpilih aklamasi sebagai Rais Syuriah Nahdatul Ulama (NU) Sulsel, Selasa (25/5/2021).

AGH Najamuddin melanjutkan kepemimpinan Rais Syuria NU Sulsel setelah DR AGH M Sanusi Baco Lc meninggal dunia pekan lalu. Posisi Rais Syuria NU Sulsel yang baru ditetapkan oleh rapat  Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Sulsel dihadiri Wakil Rais, Khatib dan Wakil Khatib di Rumah Makan Ulu Juku.

Atas keputusan tersebut civitas akademika UIM menyambut gembira dan mendoakan atas amanah tersebut. 

“Al Fatihah untuk Allahuyarham AGH Sanusi Baco semoga almarhum tenang dan damai di tempat mulia di sisi Rabbul’alamin dan AG KH Prof Najamuddin semoga senantiasa dirahmati, mendapat ridho dan kemudahan dalam menjalankan amanah sebagai Rois Syurya,” harap Rektor UIM DR Ir Hj A Majdah M Zain MSi.

Ucapan dan doa serupa berentetan diposting oleh civitas akademika kampus Aswaja di beberapa group UIM. Penetapan AGH Najamuddin telah diperkirakan sebelumnya oleh kalangan dosen UIM. 

“Tentunya amanah ini cukup berat, apa masukan yang lahir dari pertemuan ini saya akan melaksanakan kepemimpinan yang kolektif di syuriah,” jelas AGH Naja.

Syeikhul Ma’had Pesantren An Nahdlah Makassar ini mengungkapkan, kedepan perlu kembali aktifkan forum bahtsul masail sebagai forum untuk mengkaji secara mendalam dan memberikan jawaban persoalan-persoalan keumatan dewasa hari ini.

“Saya terpilih ini kecelakaan, karena terlanjur masuk di jajaran syuriah karena ini amanah alim ulama yang hadir, Insya Allah saya akan lanjutkan amanah Anregurutta KH Muh Sanusi Baco sebagai tanggung jawab saya sebagai seorang murid dan kita yang hadir disini adalah murid-murid gurutta,” ungkapnya.■ fir