Rektor UIM Lepas Mahasiswa Komunikasi Fisip untuk Magang Bersertifikat di TVRI

UIM News — Rektor Universitas Islam Makassar (UIM) DR Ir Hj A Majdah M Zain MSi melepas secara resmi mahasiswa untuk Program Magang Bersertifikat di Auditorium KH Muhyiddin Zain, Senin (1/3/2021).

Program Magang Bersertifikat tersebut akan diikuti oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik (FISIP) UIM di TVRI Sulsel. 

“Alhamdulillah ini adalah kegiatan magang bersertifikat perdana yang diikuti mahasiswa UIM yang dilaksanakan FISIP UIM sebagai implementasi dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM),” ujar Majdah dalam sambutannya.

Ketua PW Muslimat NU Sulsel itu menjelaskan MBKM dirilis Mendikbud pada Januari 2020 lalu. Melalui kebijakan tersebut memungkinkan mahasiswa selama 3 semester berkesempatan mengikuti kuliah di luar prodinya, di luar kampusnya atau mengikuti magang di industri.

“Ibu Dekan FISIP luar biasa sudah implementasikan MBKM sebagai yang perdana di UIM. Insyallah prodi yang lain segera ikuti, saat ini sedang menjajaki kerjasamanya dengan pihak industri,” ujarnya.

Menurut Bendahara ICMI Sulsel itu, melalui program magang ini mahasiswa UIM akan dikenalkan pada dunia kerja dan lapangan tempat kerja jika selesai. “Mahasiswa harus punya bayangan dimana dan bagaimana merek bekerja nanti. Ini sebagai tuntutan era distrupsi kita harus lihai menyesuaikan diri,” rincinya.

Hadir juga pada pelepasan mahasiswa magang bersertifikat itu Kepala TVRI Sulsel.

Dekan FISIP UIM Dra Hj Zohra Basalamah MSi menjelaskan pada program magang bersertifikat gelombang perdana kali ini diikuti 10 mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi.

Kegiatan magang bersertifikat di TVRI Sulsel itu akan diikuti selama 6 bulan. “Mahasiswa akan belajar bekerja sesuai standar profesional sebuah industri media penyiaran. Sehingga nanti saat mereka sarjana dan bekerja akan bisa cepat menjadi para profesional handal,” ujarnya.■ bir/fir