UIM-Untag Semarang Sepakat Kerjasama Kampus Merdeka Merdeka Belajar

SEMARANG, UIMsmart News — Universitas Islam Makassar (UIM) dan Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Semarang sepakat menjalin kerjasama mengimplementasikan kebijaka Kampus Merdeka Merdeka Belajar (KMMB).

“Penandatanganan memorandum Of understanding (MoU) antara UIM dan Untag menjadi bentuk kerjasama yang modern dalam dunia pendidikan terkhusus merealisasikan kebijakan KMMB,” jelas Rektor UIM DR Ir Hj A Majdah M Zain di kampus Untag usai penandatanganan kerjasama itu, Rabu (23/12/2020).

MoU kedua perguruan tinggi terkait sinergi dalam pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi. Khususnya kolaborasi dalan KMMB. Kerja sama kedua institusi tersebut, dalam rentang waktu lima tahun ke depan.

Rektor Untag Semarang, Prof Dr Suparno menyampaikan kerjasama dengan UIM yang baru saja dianugerahi perguruan tinggi Nahdatul Ulama terbaik kelima seluruh Indonesia sangat strategis di tengah pandemik Covid-19.

“Tantangan wisudawan khususnya sarjana saat ini bukan hanya masalah berebut peluang di perusahaan terbaik. Namun, juga harus mampu bertahan dengan eksistensinya,” ucapnya. Dia menuturkan, untuk menghadapi tantangan di era Revolusi Industri 4.0 ini dibutuhkan kreativitas dan skill untuk dapat menjalani arus global.

Majdah didampingi Wakil Rektor V bidang Kerjasama, Prof DR HM Arfin Hamid SH MH menambahkan, paradigma kompetisi antara kampus sudah tidak dipakai lagi. Baginya, yang ada sekarang adalah mitra. Sebab masing masing kampus sekarang punya kekhasan dan unggulan pada bidang tertentu.

“Kalau mau belajar pertanian bisa ke UIM Ini sangat bagus. Kami sangat terbuka,” ujarnya. Ke depanya, ia berharap implementasi dari kerjasama ini tidak hanya di atas kertas, pihaknya sangat terbuka untuk menjalankan sinergi ke unit kerja selanjutnya pada level fakultas hingga tingkat prodi.■ yudi/fir