UIM 5 Besar Terbaik dari 275 PTNU se-Indonesia

UIMsmart News — Universitas Islam Makassar (UIM) kembali mencatatkan prestasi di akhir tahun 2020. UIM Ditetapkan sebagai perguruan tinggi Nahdatul Ulama (PTNU) kelima terbaik se-Indonesia.

“Alhamdulillah untuk pemeringkatan PTNU seluruh Indonesia, untuk tingkat universitas, UIM peringkat ke-5 di bawah Unisma Malang peringkat I,” ujar Rektor UIM DR Ir Hj A Majdah M Zain MSi dari Pekalongan, Rabu [23/12/2020) siang tadi.

UIM terpilih sebagai lima besar terbaik dari kurang lebih 275 PTNU seluruh Indonesia dari Lembaga Perguruan Tinggi Nahdatul Ulama (LPTNU) pada kegiatan Rapat Koordinasi Nasional PTNU dan Pelantikan Pengurus Forum Rektor PTNU. Majdah sendiri dilantik sebagai bendahara pada forum rektor tersebut.

Majdah menyampaikan terima kasih kepada seluruh sivitas akademika UIM atas pengakuan yang diraih tersebut. “Jazakumullah khairan wa jazakumullah ahsanal jaza kepada semua pimpinan fakultas, para wakil rektor, pimpinan lascasarjana, kepala prodi, kepala lembaga, kepala bro, kabag, seluruh dosen, seluruh staf, semuanya tanpa kecuali atas kerja kerasnya dan kebersamaannya yang tentunya didasari niat yang lurus, tulus dan Ikhlas untuk memajukan Institusi UIM yang kita cintai,” tuturnya

Ketua PW Muslimat NU Sulsel itu berharap semoga ketulusan kerja keras yang dipersembahkan untuk UIM sehingga meraih beberapa pencapaian dan prestasi bernilai ibadah.

Menurutnya, semua penghargaan yang diraih UIM akhir-akhir ini mulai dari 3 kategori terbaik LLDIKTI 9 Award dan peringkat 5 terbaik PTNU se-Indonesia merupakan kado di akhir tahun 2020. 

“Ini semua adalah bentuk apresiasi dari kerja keras kita semua dan sekaligus motivasi untuk lebih meningkatkan daya dan upaya dalam memajukan UIM lebih baik lagi di tahun mendatang,” ucapnya.

Penghargaan langsung diberikan oleh Prof Moh Natsir PhD Ketua LPTNU kepada Majdah M Zain di kampus ITSNU Pekalongan. 

Natsir dalam sambutannya memberi apresiasi atas kepemimoinan Majdah di UIM sehingga menjadi salah satu ikon baru bukan hanya di Makassar namun juga Indonesia.

Wakil Rektor V bidang Kerjasama Prof Dr Arfin Hamid SH MH yang mendampingi Rektor UIM menambahkan Desember ini menjadi bulan berkah di tengah pandemik Covid-19 karena beberapa penghargaan diraih UIM.

UIM saat ini membina 9 fakultas dan Program Pascasarjana, yaitu Fakultas Pertanian, Agama Islam, Teknik, Sastra dan Humaniora, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Ilmu Kesehatan, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Hukum dengan 24 Program Studi Sarjana (S1), 3 Program Studi Magister (S2), dan 1 (satu) program Profesi.

Kemudian pada tiga tahun terakhir melalui tim pembentukan Fakultas telah diusulkan melalui Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia yakni Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan.

Pada tahun ajaran 2019-2020 bertambah prodi baru yakni prodi perpustakaan, prodi Teknik sipil, dan prodi kehutanan, Sehingga sampai saat ini UIM membina 29 prodi.

UIM dalam pelaksanaan pendidikan dan pengajaran telah mengacu pada kurikulum berbasis pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) telah menunjukkan kemajuan yang signifikan dibandingkan dengan perkembangan tahun-tahun sebelumnya. 

Peningkatan kualitas pengelolaan tersebut ditandai dengan hampir seluruh program studi memiliki nilai akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.■ fir