UIM Wisuda 539 Sarjana dengan Protokol Covid19 Ketat. Majdah Beber Sejumlah Pencapaian Terbaik

Rektor UIM DR Ir Hj A Majdah M Zain MSi

UIMsmart News — Universitas Islam Makassar (UIM) mewisuda 539 sarjana baru dengan suasana penerapan protokol kesehatan yang ketat di Hotel Dalton, Makassar, Senin (21/12/2020) pagi ini.

Konsukuensi penerapan protokol Covid19 pada Rapat Senat Terbuka Luar Biasa dalam rangka Wisuda Sarjana/Profesi dan Pascasarjana Periode XXX Gelombang II Tahun 2020 itu tidak diundang orangtua wisudawan, wisudawan harus memperlihatkan suket rapid test hingga jaga jarak dan seluruh undangan wajib masker.

Rektor UIM DR Ir Hj A Majdah M Zain MSi meminta maaf atas pembatasan dan penerapan protokol Covid19 tersebut. “Wisuda kali ini masih dengan situasi yang sama dengan wisuda sebelumnya yang masih berada pada situasi pandemic Covid 19, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan secara ketat guna menghindari adanya kluster baru Covid19,” jelasnya.

Pada kesempatan menyampaikan laporan rektor, Majdah menyampaikan sejumlah prestasi dan pencapaian UIM di berbagai bidang dari akademik, pengabdian masyarakat hingga kemahasiswaan.

“Secara umum UIM sebagai perguruan tinggi Islam di Indonesia melalui Surat Keputusan dari Badan Akreditasi Nasional Perguran Tinggi (BAN-PT) April 2020 lalu telah berhasil mendapatkan Akreditasi Institusi dengan NIlai B, capaian ini tidak lepas dari kerja keras dan partisipasi seluruh sivitas akademika,” urainya.

D bidang akademik, urai Bendahara ICMI Sulsel itu, pada tahun ajaran 2019-2020 bertambah prodi baru yakni prodi perpustakaan, prodi Teknik sipil, dan prodi kehutanan, Sehingga sampai saat ini UIM mebina 29 prodi, “Semoga dengan bertambahnya prodi baru kuantitas dan kualitas UIM semakin meningkat,” harapnya.

UIM kata Majdah, telah menunjukkan kemajuan yang signifikan dibandingkan dengan perkembangan tahun-tahun sebelumnya. Peningkatan kualitas pengelolaan tersebut ditandai dengan hampir seluruh program studi memiliki nilai akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.

Pada kegiatan Pengabdian Masyarakat, LP2M UIM dipercaya oleh Kementerian Desa dan Transmigrasi untuk menyelenggarakan program KKN Tematik di Daerah Transmigrasi Kabupaten Luwu Timur sebagai salah satu PTS penyelenggara KKN Tematik demikian pula Kementeriaan Sosial RI dengan KKN Desa Sejahterah Mandiri dan terakhir dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Pangkep untuk program Universitas Membangun Desa melalui KKN Tematik.

Untuk bidang kemahasiswaan, beber Ketua PW Muslimat NU Sulsel itu, berdasarkan pemeringkatan yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui program SIMKATMAWA UIM memperoleh nilai 0.091, dan pada tahun 2020 ini bidang kemahasiswaan memperoleh nilai 5.95

“Yang membanggakan, mahasiswa UIM berhasil meraih beberapa prestasi sepanjang tahun 2019-2020 ini baik kegiatan dikti maupun non dikti baik skala regional maupun interbasional diantaranya sebagai juara I Tafsif Bahasa Arab 30 Juz pada STQ tingkat NAsional di Kalimantan Barat Pontianak tahun 2019 hingga Ilham Yapti, Finalis Yudo Word Campion Cup di Jepang tahun 2019,” urainya.

Demikian pula pada bidang lain seperti kelembagaan, keuangan, hingga pengembangan infrastruktur mengalami peningkatan kinerja dan pencapaian membanggakan.■ fir