FKIP UIM-FKIP Universitas Negeri Bengkulu Jalin Kemitraan

UIMsmart.News — Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Makassar (UIM) dan FKIP Universitas Negeri Bengkulu menjalin kemitraan strategis pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Jalinan kerja sama untuk mengimplementasikan kebijakan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka itu ditandai dengan penandatanganan MoU dan MoA antara FKIP UIM dengan FKIP Universitas Bengkulu di gedung FKIP UIM, Rabu (10/12/2020).

“Kami berinisiatif untuk menjalin kerjasama ini sebagai program FKIP UIM untuk bermitra dengan lembaga di dalam negeri dan luar negeri dalam bidang pendidikan, penelitian, penguatan sumber daya manusia dan pengembangan masyarakat,” jelas Dekan FKIP UIM Badruddin Kaddas MAg PhD.

Menurutnya melalui kerjasama dengan lembaga lain maka segala potensi yang ada dapat dimaksimalkan untuk mencapai tujuan dan kemajuan bersama dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Indonesia.

FKIP UIM berencana melalui kerjasama ini akan berkolaborasi dalam mengembangkan berbagai aspek, misalnya melakukan penelitian dan pengabdian bersama, bersama-sama dalam meningkatkan tata kelola jurnal, melakukan pertukaran pelajar/mahasiswa, dan masih banyak yang lainnya.

Sebelumnya FKIP UIM bersama FKIP Universitas Negeri Bengkulu telah bekerjasama dalam pelaksanaan Diklat Penguatan Kepala Sekolah. Dosen FKIP UIM menjadi Supervisor pelaksanaan Diklat Penguatan Kepala Sekolah di Universitas Negeri Bengkulu dan sebaliknya.

“Saya sangat mengapresiasi kedatangan ibu Dr Coni MPd ke kampus kami, yang jauh-jauh dari Bengkulu khusus datang ke Makassar untuk melakukan penandatanganan MoU dan MoA,” ujar Badruddin Kaddas.

Dr Coni MPd merupakan pejabat perwakilan dari FKIP Universitas Negeri Bengkulu mengemukakan bahwa ia khusus datang dari Bengkulu ke Makassar untuk melakukan kerjasama dengan FKIP UIM.

“Karena kami melihat sumber daya manusia di FKIP UIM masih muda-muda dan produktif. Oleh karena itu, berharap melalui kerjasama ini kita dapat berkolaborasi dengan memanfaatkan segala potensi dan kekuatan yang ada untuk mengembangkan Tri Dharma perguruan tinggi,” ujar Coni.

Rektor UIM Dr Ir Hj Andi Majdah M Zain, MSi memberi apresiasi yang tinggi kepada pihak FKIP Universitas Negeri Bengkulu yang telah bersedia untuk berkolaborasi bersama FKIP FKIP UIM.

“Terima kasih kami sampaikan kepada Universitas Negeri Bengkulu Khususnya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang dengan tulus dan ikhlas ke Makassar untuk bekerja sama dengan kami, tentu itu suatu kebanggaan. Sekali lagi terima kasih,” ucapnya.

Majdah juga menyampaikan harapannya semoga kerjasama tersebut bisa menjadi awal dari kesuksesan bersama dalam mengembangkan kedua institusi.

Turut hadir dalam kegiatan penandatanganan MoU dan MoA ini Wakil Rektor I UIM Dr HM Arfah Shiddiq MA, Ketua LPPM UIM Dr Saripuddin Muddin MT, Wakil Dekan I FKIP UIM Dra Hj Andi Besse Marda MPd, Wakil Dekan II FKIP UIM Sri Hastati SE MPd, Wakil Dekan III FKIP UIM Ince Prabu Setiawan B SPd MPd.

Juga Ketua Prodi PGSD Erwin Nurdiansyah, SPd MPd, Ketua Prodi PG-PAUD Nasaruddi R SPd MPd, Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Jusmaniar N SPd MPd, Ketua prodi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia Supriadi SPd MPd, Ketua Gugus Jaminan Mutu FKIP UIM Riskal Fitri SPd MPd serta beberapa dosen dan staf di FKIP UIM.■ erwin/fir