Alhamdulillah, Rektor UIM Terima SK Prodi Baru Teknik Sipil

Rektor Universitas Islam Makassar (UIM) Dr Ir Hj A Majdah M Zain MSi secara resmi menerima surat keputusan (SK) prmbukaan prodi baru Teknik Sipil.

Majdah menerima SK tersebut melalui prosesi penyerahan SK pembukaan prodi secara online oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah IX Sulawesi Prof Dr Jasruddin MSi di Makassar, Rabu (6/5/2020) sore tadi.

Jasruddin percaya UIM mampu menyelenggarakan prodi Teknik Sipil dengan profesional karena memiliki infrastruktur perkuliahan, layanan manajemen sesuai standar dan sumber daya dosen berkualitas.

SK Prodi baru Teknik Sipil UIM keluar bersama SK prodi D4 Bisnis Digital (Polinas Makassar), S1 Profesi Kebidanan (STIKES Muhammadiyah Sidrap), D3 Manajemen Industri (Politeknik Baubau) dan S1 Ilmu Keolahragaan (Universitas Muhammadiyah Gorontalo).

Majdah mengaku bersyukur dan berterima kasih atas kepercayaan Kementerian Pendidikan Nasional kepada UIM untuk menyelenggarakan prodi Teknik Sipil oleh Fakultas Teknik.

“Alhamdulillah ini berkah Ramadhan. UIM dengan visi kampus Islami kampus qurani akan terus merespon kebutuhan ummat, dengan membuka prodi yang dibutuhkan dan berprospek bagi pembangunan,” ujar Ketua Muslimat NU Sulsel tersebut.

Prodi Teknik Sipil dan Prodi Kehutanan merupakan prodi baru yang diajukan izin oleh UIM untuk menerima mahasiswa baru pada tahun ini.

Dekan Fakultas Teknik UIM Dr.Ir. Suradi ST MT mengaku bersama jajarannya siap membawa Teknik Sipil UIM sejajar dengan prodi Teknik Sipil dari lembaga tinggi lain yang telah lebih dahulu hadir.

“Prodi Teknik Sipil UIM dengan bidang spesifik pada bidang Transportasi Ergonomik. Ini merupakan spesifikasi bidang Teknik Sipil pertama dan satu-satunya di Sulsel,” ujarnya.

Sebagai prodi baru dan satu-satunya spesifik bidang yang mengabungkan keilmuan transportasi dan keilmuan ergonomik, Suradi, optimis akan diminati masyarakat.

“Kita targetkan bisa menerima dua kelas atau 80 maba,” tuturnya. Fakultas Teknik UIM saat ini menyelenggarakan 4 prodi yakni Teknik Industri, Teknik Mesin, Teknik Elektro dan Teknik Informatika dengan total mahasiswa 1.530 orang.

Usulan prodi tersebut sudah diajukan sejak 4 tahun lalu. Untuk diketahui, Teknik Sipil memiliki bidang spesifik keairan, transportasi, struktur dan tanah.■ fir