Prof Nuh Tinjau Perkembangan Pembangunan Kampus UIM

Prof DR Mohammad Nuh DEA dalam kapasitasnya sebagai Komisaris Utama Bank Mega Syariah mengunjungi dan memantau perkembangan pembangunan kampus Universitas Islam Makassar (UIM).

Bank Mega Syariah merupakan lembaga keuangan yang bekerjasama dengan UIM dalam pembiayaan pembangunan bangunan baru rektorat, perpustakaan, masjid dan ruangan serbaguna tersebut.

Kunjungan Prof Nuh dan rombongan diterima Wakil Rektor (WR) II Dr Saripuddin Muddin MT dan WR III Dr H Abd Rahim Mas P Sanjata MAg dan jajaran di gedung NU rektorat sementara UIM, Kamis (13/2/2020).

“Saya mengapresiasi progres pembangunan semoga bisa selesai sesuai target waktu yang ditentukan,” ujar Ketua Dewan Pers ini.

Usai pertemuan di lantai 3 gedung NU, mantan Menteri Pendidikan Nasional itu mengunjungi langsung area pembangunan.

Pembangunan Tahap I kampus UIM ditargetkan selesai Mei 2020 mendatang. Saat ini progressnya telah mencapai hampir 50 persen.

“Insyallah sesuai target pembangunan selesai Mei. Lalu dilanjut proses finishing. Semoga di tahun ini kita sudah bisa menempatinya,” jelas Saripuddin Muddin.

Gedung dengan desain berciri unik bertangga dari lantai 1 hingga lantai 3 itu, dipastikan akan menjadi destinasy city tour baru di Makassar karena sangat ikonik dan instagramable.

Dipastikan karakter desain gedung rektorat dan perpustakaan serta masjid dan ruang serba guna itu ada kemiripan dengan desain Mall Nipa di samping Kantor Gubernur Sulsel.

Hal itu karena desainnya diarsiteki perusahaan yang sama, PT Hepta Design dan Baskoro Tedjo & Associates.

Desain gedung-gedung kampus baru UIM menggunakan konsep desain collaborative space.

Konsep yang dimaksudkan oleh pihak desainer yakni satu ruangan dipakai bersama. “Ini konsep modern untuk efisiensi berupa collaborative working, learning dan recreation space,” jelas Baskoro Tedjo, MSEB, Ph.D, sebelumnya.

Konsep desain mempertimbangkan kebutuhan trend perilaku civitas akademika saat ini khususnya lifestyle mahasiswa milenial.

Konsultan perencana (designer) Master Plan infrastruktur UIM dilaksanakan oleh PT Hepta Design dan Baskoro Tedjo & Associates yang dipimpin Baskoro Tedjo, MSEB,Ph.D satu dari 10 top arsitek Indonesia.

Proyek pembangunan tersebut terdiri dari gedung rektorat, gedung perpustakaan, plaza, masjid dan gedung serbaguna, sebagai pembangunan tahap I.

Tahap I pembangunan untuk gedung rektorat dan perpustakaan 4 lantai. Serta gedung serbaguna dan masjid 3 lantai.■ sabir/usman/fir