Mengharumkan Nama UIM di Thailand

Ban Khaofark School adalah salah satu sekolah yang terletak di daerah Khlongyang, Provinsi Krabi, Thailand. Sekolah ini terdiri dari sekolah dasar (SD) atau disini disebut sebagai Phratom dan Kindergarten mereka menyebutnya Anuban.

Alhamdulillah saya ditempatkan di sekolah yang begitu bersahabat, mulai dari principal, staff, teacher, and student. Banyak hal yang ingin saya ceritakan tentang sekolah ini, tapi terlebih dahulu saya bercerita awal langkah yang saya tempuh.

Saya (Nurlaela), dan ke dua teman lainnya Fitra Ashari dan Ahmad Resa kami berhasil mengikuti program KKN dan PPL internasional (private schools at special zone association of Songkhla Thailand). Segala persiapan telah selesai kurang lebih satu bulan lamanya. Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu. Kami berjanji akan mengharumkan nama almamater Universitas Islam Makassar (UIM) di Thailand.

Kami bertiga pun berangkat dan didampingi oleh pak ustadz Muh Fihris Khalik SS MA PhD. Pada tanggal 15 November, dan transit di Malaysia, kami diajak menghirup udara disini dengan menjelajahi Putra Jaya dan Genting Highland, dan akhirnya tiba di Thailand pada tanggal 17 November.

Sambutan yang begitu baik, kami menggelar pembukaan sebelum diserahkan ke sekolah tempat KKN dan PPL. Kami bertiga berada di tiga provinsi yang berbeda, yah! Selamat mengabdi di tempat masing-masing kawan.

Saya dan 18 teman lainnya berasal dari kampus yang berbeda, ditempatkan di provinsi Krabi, kami menempuh perjalanan kurang lebih enam jam dari posisi awal, ternyata kita disambut lagi yang kedua kalinya untuk pembukaan. Setelah itu, pihak sekolah sudah siap menjemput saya dan teman baru yang berasal dari kampus yang berbeda. 

Ban Khaofak School, kami berdua disambut yang ketiga kalinya, hehehe. Kami diperkenalkan kepada seluruh siswa dan guru yang ada di sini. First impression yang begitu baik, kami diberi fasilitas yang memadai seperti residence. Rata-rata sekolah disini memiliki residence untuk guru.

Kami butuh penyesuaian kurang lebih satu minggu, mereka friendly, generous, interactive, terkadang membuka obrolan dengan menggunakan kamus, menggunakan body language, kami saling  memahami dengan makna obrolan yang diutarakan. Setidaknya saya mulai tahu kosa kata Thailand seperti, makan (kin), minum (kin nam), mandi (apnam), etc.

Sebanyak aembilan kelas yang ada phratom dari primary 1-6, saya diberi jadwal sebanyak 18 jam pelajaran per minggunya. Kebanyakan materi yang saya share ke siswa adalah vocabulary, seperti animal, occupation, fruit, vegetable, etc. Salah satu media yang saya gunakan adalah flashcard, video, game.

Syukurnya mereka antusias mengikuti pelajaran bahasa Inggris, terkadang mereka mulai jenuh karena kelas saya di jam akhir seperti pukul 15:00 yah, itulah salah satu tantangan. Kebetulan sekolah disini full day, libur Sabtu-Minggu. Setiap harinya sekolah dimulai pada pukul 08:00-16:00 waktu Thailand. 

Kebetulan, tempat tinggal saya tidak jauh dari Pondok Qur’an, hampir setiap malamnya saya ikut share ilmu disana, mengajarkan membaca al-Qur’an. Saya selalu diberi makan gratis, hehe Alhamdulillah rejeki, siswa di pondok itu sering mengikut lomba menyanyi religi saya selalu diajak temani mereka, wow lagu yang mereka persembahkan itu lagu Indonesia Nissa Sabyan, seperti ya maulana,el oum. Mereka cinta Indonesia juga ternyata. Heheh.

Dan kebetulan juga saya datang di bulan yang bertepatan banyak kegiatan seperti, children’s day berlangsung dua hari. Disini saya ditantang menyanyi lagu Indonesia, saya pilih lagu ya maulana, selain lagu ini popular di Thailand, karena lagu ini juga agak mudah bagi pemula seperti saya ini heheh.

Yah bangga juga sih bisa tampil di depan orang banyak. Kegiatan selanjutnya adalah teacher’s day yang berlangsung dua hari juga. Scout, yang berlangsung tiga hari,yah senang rasanya. Bahkan banyak kegiatan desa yang dilaksakanan di bulan ini, seperti festival, merayakan hari lahir masjid, acara pernikahan pun saya selalu di ajak. Dan tak lupa rekreasi di pantai hampir tiap minggunya, yah namanya juga pulau Krabi, pulau wisata,

MasyaAllah nikmat Allah yang mana lagi saya dustakan. Dan rencana tanggal 14 February ini, siswa akan study tour ke Pukhet special primary 1-5, dan pada tanggal 5 Maret akan study tour ke Satun special primary 6, katanya menempuh perjalanan yang jauh.

Saya juga punya inisiatif akan mengadakan English Camp InsyaAllah bulan February, kami sementara persiapan, kegiatan ini akan di ikuti oleh 80 siswa. Semoga saja berjalan dengan lancar dan setiap langkah kami selalu di berkahi oleh-Nya. Aamiin.

Program KKN dan PPL internasional ini sangat bermanfaat, banyak hal baru yang saya peroleh, semoga apa yang saya share disini bisa bermanfaat. Ucapan terima kasih tak terhingga kepada kedua orang tua, pihak Universitas Islam Makassar, pihak Asosiasi, serta Ban Khaofark School.■