UIM Bertekad Bersihkan File Sampah Digital

Rabu, 29 Januari 2020. Rapat Akademik yg dipandu oleh Warek 1 dan Kepala PDPT UIM membahas mengenai urgennya membersihkan file-file sampah yg terdapat di database sistem PDPT UIM, hal ini disebabkan karena tidak sinkronnya data akademik dengan data yang ada di PDDIKTI. Olehnya itu diharapkan kepada seluruh unsur pimpinan di tingkat Rektorat dan Fakultas yg dalam kesempatan ini dihadiri oleh para Wadek 1 dan Kaprodi dari masing-masing fakultas serta Ketua BPMI dan Kabag Akademik UIM agar segera mengupdate data akademik terkait status data mahasiswa dan data lulusan.
Hal senada juga disampaikan oleh Rektor UIM, Dr. Ir. Hj. A. Majdah M. Zain, M.Si. yang mengatakan perlunya segera dilakukan pembersihan data tersebut karena akan sangat merugikan karena berpengaruh terhadap data akreditasi dan rasio dosen dan jelas disebutkan aturannya dalam Peraturan Akademik UIM terkait lama masa studi untuk S1 selama 7 tahun (14 Semester) dan S2 selama 4 tahun (8 Semester). Rektor UIM menyatakan perlu membuat SOP khusus yg mengatur lama masa studi yg diturunkan berdasarkan Peraturan Akademik UIM sehingga menjadi dasar yg kuat bagi seluruh civitas akademik UIM dalam menjalankan aktivitas akademik, Rektor juga menegaskan agar usulan status aktivitas mahasiswa terkait pemberian sanksi DO (Drop Out) itu dilakukan oleh pihak fakultas dengan mengajukan penyampaian secara tertulis ke Rektorat untuk ditindaklanjuti.
Pendapat lain disampaikan juga oleh Warek 1 yang menyatakan bahwa perlu dilakukan peringatan dini terhadap aktivitas akademik mahasiswa yg pada prinsipnya dapat di deteksi awal yg dapat dilakukan oleh PA (Penasehat Akademik) dan Kaprodi di masing-masing Fakultas. Langkah peringatan dini yg dilakukan bertahap mulai dari SP1 pada semester 4, SP2 pada semester 8 dan SP3 pada semester 12 sebelum memasuki masa akhir studi pada semester 14. Hal ini disampaikan oleh beberapa Wadek 1 yg memberikan masukan dan akhirnya disepakati penerapan SP (peringatan dini) tersebut untuk diterapkan di masing-masing fakultas.
Masukan lain disampaikan oleh Kepala PDPT UIM terkait pentingnya konsistensi dalam menerapkan aturan akademik di lingkup UIM karena akan berdampak pada kesinambungan tata kelola data akademik yg baik dan terukur sehingga file sampah digital dapat diminimalisir dan tuntas sebelum visitasi AIPT UIM dilaksanakan oleh BAN PT.
Akhirnya rapat akademik ini ditutup oleh Warek 1 dengan kesimpulan akhir diantaranya : penerapan peringatan dini (SP) di tingkat fakultas dan membuat SOP terkait lama masa studi mahasiswa. (Ilo).