FB_IMG_16031713364539697

SEJARAH SINGKAT UIM

Uuniversitas Islam Makassar yang disingkat UIM adalah salah satu Perguruan Tinggi Islam Swasta yang dibentuk oleh Yayasan Perguruan Tinggi Al-gazali Makassar, beralamat di jalan Perintis Kemerdekaan Km. 9 No. 29 Kota Makassar. Universitas Islam Makassar berdiri berdasarkan Surat Keputusan Mendiknas Nomor 71/O/D/2000 tanggal 06 Juni 2000, sebagai perubahan bentuk dan pengembangan Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) 1984 dan  Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah (STID), merupakan penerus cita-cita, visi dan misi Akademi Dakwah NU (1966), UNNU (1968) dan UNIZAl (1972).
Sebagai hari jadi Universitas Islam Makassar secara yuridis tanggal 06 Juni 2000, namun secara historis tanggal 21 Februari 1966 (angka yuridis-histori, harlah 06-06-66). Pada tahun 2000 berdasarkan izin dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi didirikanlah Universitas Islam Makassar dengan enam Fakultas yaitu Agama Islam, Sastra & Humaniora, MIPA, Pertanian, Sospol, Teknik, Ilmu Kesehatan. Kemudian dikembangkan lagi dengan menambah dua Fakultas yaitu Fakultas Hukum, Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan serta Program Pascasarjana.
Sampai tahun 2023 Universitas Islam Makassar mengelola 9 Fakultas terdiri dari 1 Program Diploma, 28 Program Sarjana, 2 Program Profesi dan 3 Program Magister
Sejarah perkembangan Universitas ini sebagai lembaga pendidikan tinggi yang berbasis ajaran Islam, telah berhasil menunjukkan ekstensi dan peranannya kurang lebih 60 tahun lalu. Peran penting yang telah ditunjukkannya antara lain dalam upaya penyeberan ajaran Islam dan ilmu-ilmu keislaman yang berlandaskan pada ajaran Ahlusunnah Wal-jamaah An-Nahdliyah yang moderat, ramah dan rahmatan lil-alamin.
Pada tahun pertama, Prof. Zainuddin Taha, Guru Besar Linguistik di Universitas Negeri Makassar (UNM) dipercaya oleh Yayasan untuk menjadi Rektor sampai tahun 2004. setelah itu Prof. Dr. Mansyur Ramli, Prof. Dr. Ir. Muh. Arif, Dipl.Ing dan saat ini Dr. Hj. A. Majdah M. Zain, M.Si.

Visi

Menjadi Universitas Islam terkemuka, berkulitas, berbudaya, diminati dan berorientasi pada kepentingan bangsa dan negara berdasarkan nilai-nilai ajaran Islam Ahlu Sunnah Wal Jamaah An-Nahdliyah“

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi Islami yang berkualitas dalam rangka
    mencerdaskan dan memberdayakan kehidupan berkarakter kebangsaan
    untuk memelihara integritas nasional.
  2. Menghasilkan lulusan berjiwa pemimpin yang berakhlak, berbudaya, dan
    berkualitas berdasarkan jatidiri bangsa yang Islami.
  3. Melaksanakan penelitian yang menopang kemajuan pendidikan, ilmu
    pengetahuan, teknologi, seni dan nilai budaya bangsa serta kearifan lokal
    yang mandiri dan Islami.
  4. Meningkatkan pengabdian kepada masyarakat atas dasar tanggung jawab
    sosial demi kepentingan bersama.
  5. Melaksanakan kerjasama secara berkelanjutan dengan lembaga pendidikan,
    lembaga penelitian, pemerintah, dunia usaha dan masyarakat.
  6. Mengembangkan organisasi universitas yang sesuai dengan tuntutan zaman
    serta meningkatkan manajemen yang transparan dan berkualitas secara
    berkelanjutan, dan tata kelola berbasis kinerja dengan menerapkan teknologi
    informasi terintegrisai dan manajemen strategi.
  7. Meningkatkan peran dinamis umat Islam melalui integritas ilmu pengetahuan
    agama dan umum sesuai dengan berdasarkan nilai-nilai ajaran Islam
    Ahlussunnah wal Jama’ah An-Nahdliyah dalam upaya membumikan Al-Qur’an.

TUJUAN

  1. Terwujudnya universitas yang berkualitas dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.
  2. Terwujudnya pendidikan yang menghasilkan lulusan yang berkepribadian Islami, menguasai ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.
  3. Terwujudnya hasil penelitian yang dapat menjadi sumber informasi ilmiah pada tingkat nasional dan internasional.
  4. Terselenggaranya pengabdian kepada masyarakat sebagai bentuk keikutsertaan dalam kehidupan sosial dan kemasyarakatan.
  5. Menghasilkan sarjana dan tenaga ahli yang berilmu, beriman, bertaqwa, berakhlak mulia serta terampil dalam menguasai IPTEKS (Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni) berdasarkan nilai-nilai ajaran Islam Ahlussunnah wal Jama’ah An-Nahdliyah.
  6. Penjabaran lebih lanjut tujuan Universitas Islam Makassar pada ayat (1) adalah sebagai berikut:
  • Membentuk manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berilmu, cakap, kreatif mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
  • Membentuk manusia Indonesia yang bertanggungjawab atas kelangsungan hidup agama, bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Membentuk manusia yang bertanggungjawab atas pengetahuan, sikap, perilaku, dan kesejahteraan masyarakat Indonesia khususnya dan dunia pada umumnya.
  • Membentuk manusia secara pribadi yang bertanggungjawab menguasai ilmu pengetahuan teknologi, dan seni.
  • Membentuk manusia yang mampu memangku jabatan Negara, jabatan penting lainnya dan pekerja masyarakat yang membutuhkan pendidikan, pengajaran dan latihan, perencanaan, konseling, evaluasi, dan pengetahuan lainnya.
  • Mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni sebagai dasar penyelenggaraan pendidikan, pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
  • Menghasilkan tenaga ahli yang profesional pada berbagai jenjang dan jenis, kemampuan dalam menunjang implementasi kompetensi profesi.
  • Mengembangkan dan menghasilkan berbagai karya inovatif produktif untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam menghadapi tantangan dan persaingan global.
  • Mengembangkan dan melaksanakan program pendidikan untuk kebutuhan tenaga penunjang akademik di dalam dan di luar negeri.
  • Mengembangkan pelayanan dan sistem informasi manajemen untuk sivitas akademika Universitas Islam Makassar dan masyarakat luas.

Pengembangan dakwah dan kajian ilmiah dalam semua cabang ilmu pengetahuan teknologi, dan seni dengan menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam upaya membumikan al-Qur’an.

VISI

Menjadi Universitas Islam terkemuka, berkulitas, berbudaya, diminati dan berorientasi pada kepentingan bangsa  dan negara berdasarkan nilai-nilai ajaran Islam Ahlu Sunnah Wal Jamaah An-Nahdliyah

MISI

  • Menyelenggarakan pendidikan tinggi Islami yang berkualitas dalam rangka mencerdaskan dan memberdayakan kehidupan berkarakter kebangsaan untuk memelihara intergritas nasional.
  • Menghasilkan lulusan berjiwa pemimpin berakhlak, berbudaya dan berkualitas berdasarkan jati diri bangsa yang Islami.
  • Mendorong penelitian yang menopang kemajuan pendidikan, ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan niilai budaya bangsa serta kearifan lokal yang mandiri dan Islami.
  • Meningkatkan pengabdian kepada masyarakat atas dasar tanggung jawab sosial demi kepentingan bersama.
  • Menjalin kerjasama secara berkelanjutan dengan lembaga pendidikan, lembaga penelitian, pemerintah, dunia usaha dan masyarakat.
  • Mengembangkan organisasi universitas yang sesuai dengan tuntutan zaman serta meningkatkan manajemen yang transparan dan berkualitas serta berkelanjutan.
  • Meningkatkan peran dinamis umat Islam melalui integrasi ilmu pengetahuan agama dan umum sesuai dengan ajaran Islam Ahlu Sunnah Wal Jamaah Al-Nahdiyah.
Fakultas
Program Diploma III
Program Sarjana (S1)
Program Profesi
Program Magister (S2)
Jumlah Dosen
Jumlah Mahasiswa
LOGO_UIM 02
UNIVERSITAS ISLAM MAKASSAR
Perintis Kemerdekaan KM.9 No.9 Makassar
uimmakassar@uim-makassar.ac.id
(0411) 588167
082110071633
KEHIDUPAN KAMPUS
Explore UIM
Telusuri Makassar
Kegiatan Mahasiswa